PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFPENDEKATAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DANMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENDEKATANTEAMS ASSITED INDIVIDUALIZATION TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOKSISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI SMPKADISUCIPTO PENFUI KUPANGTAHUN AJARAN 2017 / 2018

Sebo, Adela Sila (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFPENDEKATAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DANMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENDEKATANTEAMS ASSITED INDIVIDUALIZATION TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOKSISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI SMPKADISUCIPTO PENFUI KUPANGTAHUN AJARAN 2017 / 2018. Diploma thesis, Widya Mandira Catholic University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (658kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (136kB)

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan cara perbaikan proses belajar mengajar atau pembelajaran. Model pembelajaran mempunyai peranan yang sangat besar dalam pembelajaran. Disini peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif pendekatan Student Teams Achievement Division dan model pembelajaran kooperatif pendekatan teams assisted individualization.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Student Teams Achievement Division dan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Teams assisted IndividualizationTerhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2017/ 2018. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttestNonequivalent Control Group Designdan analisis data secara deskriptif dan inferensial.Hasil penelitian menunjukan bahwa pada model pembelajaran kooperatif pendeakatan STAD secara klasikal siswa semua dikatatkan tuntas, karena ketuntasannya mencapai 93% dan rerata ketuntasan indikator 0,81 (tuntas), skor rata -rata aktivitas siswa yaitu 77 (baik), dan skor rata –rata ketuntasanguru yaitu 97. Sedangkan pada model pembelajaran kooperatif pendekatan TAI secara klasikal siswa dikatakan tuntas karena ketuntasannya mencapai 93%, rerata ketuntasan indikator 0,79 (tuntas), skor rata –rata aktivitas siswa yaitu 89,21 (baik), dan skor rata –rata ketuntasan guru yaitu 98,5. Secara umum kedua model pembelajaran ini efektif terhadap hasil belajar siswa yang ditandai dengan hasil analisis uji anacova dengan taraf sig 0,000 < 0,01Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Student Teams Achievement Divisiondan model pembelajaran kooperatif pendekatan Teams Assisted Individualizationterhadap hasil belajar siswa SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Katakunci: pembelajaran kooperatif,pendekatan Student Teams Achievement Division, pendekatan Teams Assitesd Individualizationdan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Unnamed user with username Merni
Date Deposited: 30 Jul 2019 04:51
Last Modified: 30 Jul 2019 04:51
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item View Item