Pengaruh Parkir Pada Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus: Jalan Raja Centis Kota Maumere Kabupaten Sikka)

GALLIS, Alexander Zenobius Febriliant (2024) Pengaruh Parkir Pada Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus: Jalan Raja Centis Kota Maumere Kabupaten Sikka). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (911kB)

Abstract

Meningkatnya pertumbuhan penduduk dan perekonomian menyebabkan penggunaan alat transportasi baik darat,laut dan udara menigkat. Sebagai salah satu kota yang letaknya sangat strategis di pulau Flores, menyebabkan kota Maumere, Kab. Sikka mengalami pertumbuhan ekonomi dan penduduk yang cepat dan pesat dari waktu ke waktu. Dampaknya penggunaaan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil meningkat. Hal dapat menyebabkan terjadinya kemacetan atau antian panjang. Salah satu tempat yang sering terjadi kemacetan terletak pada jalan Raja Centis yang merupakan daerah pertokoan. Maka dari itu dilakukan penelitian untuk mengetahui kinerja ruas jalan pada daerah tersebut, dengan mengunakan beberapa parameter yaitu karakteristik parkir, hambatan samping, kecepatan, kapasitas dan derajat kejenuhan. Penelitian dilakukan selama 6 hari dan waktu penelitian selama 6 jam, di mulai pagi pada jam 08:00 – 10:00 WITA, siang dimulai pada jam 12:00 – 14:00 WITA dan sore pada jam 16:00 – 18:00 WITA. Dari hasil penelitian berdasarkan hasil survei yang dilakukan, maka hasil yang diperoleh tingkat volume paling padat terdapat pada hari sabtu dengan total 1484,7 smp/jam dengan kelas hambatan samping sedang (M) dalam kondisi eksisting dan kapasitas parkir dalam kondisi eksisting adalah 1572 smp/jam maka diperoleh nilai derajat kejenuhan yaitu 0,94 dengan tingkat pelayanan E dengan keterangan keadaan lalulintas mulai macet dan kecepatan rendah, sehingga diperlukan solusi dengan menghilangakn kendaran parkir, maka diperoleh kelas hambatan samping rendah (L) pada kondisi larang parkir dan kapasitas parkir dalam kondisi larang parkir adalah 3208 smp/jam, maka diperoleh nilai derajat kejenuhan yaitu 0,46 dengan tingkat pelayanan A dengan keterangan keadaan lalulintas mulai macet dan kecepatan rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Volume Parkir, Akumulasi parkir, Durasi Parkir, Indeks parkir, Turn over, Volume Lalu lintas, Kapasitas, Derajat kejenuhan, Tingkat Pelayanan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.T Alexander Zenobius Febriliant Gallis
Date Deposited: 08 Mar 2024 06:45
Last Modified: 08 Mar 2024 06:45
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15621

Actions (login required)

View Item View Item