Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Materi Pokok Elastisitas Dan Hukum Hooke Pada Peserta Didik Kelas XI IPA2 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2023/2024

LAUGATOKA, Filipus Onesimus (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Materi Pokok Elastisitas Dan Hukum Hooke Pada Peserta Didik Kelas XI IPA2 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (650kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (733kB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) adalah slah satu model pembelajaran yang kreatif dan inofatif dimana pada pembelajaran kooperatif tipe (TAI) peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 anggota kelompok yang dibagi berdasarkan tingkat pengetahuan setiap peserta didik dan setiap kelompok dipimpin oleh seseoran peserta didik yang mampu dalam kelompoknya. Masalah utama dalam penelitian ini adalah: kempuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar kognitif dan respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran. Tujuan yang ingin didapatkan pada penelitian ini adalah bagaimana kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, bagaimana ketuntasan kognuitif setiap peserta didik dan bagaimana respon setiap peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA2 SMA Negeri 4 Kupang semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 34 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, soal tes dan angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran, soal tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menyatakan bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada meteri pokok Elastisitas dan Hukum Hooke adalah termasuk dalam kategori baik. Ketuntasan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI IPA2 SMA Negeri 4 Kupang dikatakan tuntas karena memiliki nilai diatas dari KKM sedangkan respon setiap peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berada dalam kategori sangat baik. Sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada materi pokok Elastisistas dan Hukum Hooke pada peserta didik lelas XI IPA2 SMA Negeri 4 Kupang yang berjumlah 34 orang adalah optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Team Assisted Individualization (TAI), Elastisistas dan Hukum Hooke
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Pd Filipus Onesimus Laugatoka
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:58
Last Modified: 19 Mar 2024 06:58
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15699

Actions (login required)

View Item View Item