Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Di Desa Babulu Kecamatan Kobalima Kabupaten Malaka

FAHIK, Claris Fransiskan Sari (2023) Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Di Desa Babulu Kecamatan Kobalima Kabupaten Malaka. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (409kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: “ Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan di Desa Babulu, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka” dengan rumusan masalah yaitu bagaimana persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan di Desa Babulu dan faktor apa yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan di Desa Babulu, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan di Desa Babulu, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka dan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan di Desa Babulu, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka. Kerangka teori yang digunakan untuk menjelaskan masalah pokok penelitian dibangun dari konsep yang memuat standar pelayanan publik menurut Ridwan dan Sudrajat ( 2009) yang menyebutkan pengukuran kualitas pelayanan yang dapat dilihat melalui 6 (enam) unsur kualitas pelayanan diantaranya adalah prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk layanan, dan kompetensi petugas pemberi pelayanan. Terdapat dua jenis persepsi menurut Irwanto (1990:71) sebagaimana dikutip oleh Bimo Walgito dalam bukunya yang berjudul “Pengantar Psikolog). Pengumpulan data dilakukan melalui Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan proses analisis data dilakukan melalui beberapa tahap diantaranya pengumpulan data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan di Desa Babulu, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka masih kurang memuaskan atau belum sesuai harapan masyarakat sebagai pengguna layanan. Hal ini karena kurang memadainya sarana dan prasarana penunjang kesejahtraan Masyarakat. Selain itu juga ada hal yang membuat Masyarakat merasa puas terutama terkait dengan sistem pelayanan yang ada pada Desa Babulu yang mana menjelaskan bahwa sistem pelayanan di Desa Babulu yang sifatnya sederhana dan tidak mempersulit masyarakat dalam memberi pelayanan sehingga apabila ada kekurangan dari masyarakat yang ingin mengurus sesuatu di Desa maka tanggapan Aparat Desa untuk mambantu Masyarakat sangat cepat. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat direkomendasikan bahwa Pemerintah Desa Babulu, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka perlu melengkapi sarana dan prasarana penunjang pelayanan, meningkatkan ketelitian dan kehandalan dalam menggunakan alat bantu, kepastian waktu penyelesaian dan mendahulukan kepentingan pengguna. Sehingga dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan dalam pelayanan, demi terciptanya pelayanan yang berkualitas dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Masyarakat,Kualitas Pelayanan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Claris Fransiskan Sari Fahik
Date Deposited: 21 Mar 2024 00:37
Last Modified: 21 Mar 2024 00:37
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15704

Actions (login required)

View Item View Item