Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa

MISA, Maria Erniati (2024) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (748kB)

Abstract

Pestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika rendah. Rendahnya prestasi belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya penggunaan model pembelajaran yang diberikan kurang bervariasi sehingga menyebabkan siswa yang tidak aktif dalam kelompok diskusi, tidak memiliki keberanian dalam mengemukakan pendapatnya. Kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran menyebabkan beberapa siswa memperoleh nilai prestasi belajar yang rendah. Tujuan dilakukan penelititian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP 20 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP 20 Kupang Tahun Pelajaran 2022/2023, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu satu kelas di gunakan sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas control. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan teknik non random sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent pretest-postest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa meningkat setelah pembelajaran dilaksanakan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai pretest dan posttest pada kelas yang menerapkan model Discovery Learning yaitu dari 34,35 menjadi 82,25 sehingga diperoleh peningkatan nilai sebesar 47,90 sedangkan untuk rata-rata nilai pretest dan posttest pada kelas yang menerapkan pembelajaran langsung yaitu dari 38,54 menjadi 51,12 peningkatan nilai sebesar 18,54. Pembuktian prestasi belajar siswa tuntas, didasarkan pada acuan standar ketuntasan yang ditetapkan yaitu, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SMPN 20 Kupang yaitu, ≥ 74 dan Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang ditetapkan oleh DEPDIKNAS yaitu, ≥ 75. Analisis inferensial dengan menggunakan teknik analisis statistik anacova diperoleh nilai probabilitas (sig) sebesar 0,000 dari nilai signifikansi yang ditentukan sebesar 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Discovery Learning terhadap prestasi belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Model Discovery Learning berpengaruh terhadap Prestasi belajar Matematika siswa kelas VII di UPTD SMP Negeri 20 Kupang. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji anacova diperoleh nilai probabilitas (sig.) 0,000  0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Discovery Learning, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Pd Maria Erniati Misa
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:48
Last Modified: 25 Mar 2024 07:48
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15756

Actions (login required)

View Item View Item