Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Bina Marga Tahun 1987 (Studi Kasus Ruas Jalan Claret, Desa Penfui Timur, Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur)

KEHI, Norberius Edison (2024) Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Bina Marga Tahun 1987 (Studi Kasus Ruas Jalan Claret, Desa Penfui Timur, Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (284kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (953kB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi Salah satu masalah yang perlu diselesaikan di Kabupaten Kupang adalah penataan ruas jalan Claret, Matani Desa Penfui Timur, Kabupaten Kupang yang menghubungkan Kabupaten Kupang degan kota Kupang. Berdasarkan pengamatan visual pada beberapa segmen ruas jalan Claret ternyata memiliki kondisi jalan yang cukup memprihatinkan, disebabkan oleh adanya lapisan permukaan jalan yang sudah berlubang, serta tidak adanya drainase sehingga menyebabkan gerusan oleh air hujan pada badan jalan yang menambah kerusakan. Dalam perencanaan tebal perkerasan jalan adapun tujuan yang hendak dicapai yaitu untuk medapat nilai CBR desain yang di dapat di lokasi penelitian, untuk mendapat nilai lintas ekivalen rencana dan untuk mendapatkan tebal perkerasan. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini, maka diperoleh nilai CBR desain 10,81, nilai lintas ekivalen rencana 52,7 Nilai tebal perkerasan lentur berdasarkan hasil perhitungan rata – rata yang diambil pada 11 titik. Maka diperoleh Lapis Permukaan 5,0 cm, lapis pondasi atas 15,0 cm lapis pondasi bawah 20,0 cm Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi Salah satu masalah yang perlu diselesaikan di Kabupaten Kupang adalah penataan ruas jalan Claret, Matani Desa Penfui Timur, Kabupaten Kupang yang menghubungkan Kabupaten Kupang degan kota Kupang. Berdasarkan pengamatan visual pada beberapa segmen ruas jalan Claret ternyata memiliki kondisi jalan yang cukup memprihatinkan, disebabkan oleh adanya lapisan permukaan jalan yang sudah berlubang, serta tidak adanya drainase sehingga menyebabkan gerusan oleh air hujan pada badan jalan yang menambah kerusakan. Dalam perencanaan tebal perkerasan jalan adapun tujuan yang hendak dicapai yaitu untuk medapat nilai CBR desain yang di dapat di lokasi penelitian, untuk mendapat nilai lintas ekivalen rencana dan untuk mendapatkan tebal perkerasan. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini, maka diperoleh nilai CBR desain 10,81, nilai lintas ekivalen rencana 52,7 Nilai tebal perkerasan lentur berdasarkan hasil perhitungan rata – rata yang diambil pada 11 titik. Maka diperoleh Lapis Permukaan 5,0 cm, lapis pondasi atas 15,0 cm lapis pondasi bawah 20,0 cm

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: CBR Lapangan,Lintas Harian(LHR),Tebal Lapis Perkerasan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.T NORBERIUS EDISON KEHI
Date Deposited: 02 Apr 2024 00:22
Last Modified: 02 Apr 2024 00:22
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15782

Actions (login required)

View Item View Item