Dampak Perubahan Infrastruktur Jalan Gedung dan Tata Guna Lahan Terhadap Sistem Transportasi (lokasi Studi JL Bundaran Monumen Kasih - Kampus Universitas Katolik Widya Mandira Kupang)

PIRES, Evangelita Barbosa (2024) Dampak Perubahan Infrastruktur Jalan Gedung dan Tata Guna Lahan Terhadap Sistem Transportasi (lokasi Studi JL Bundaran Monumen Kasih - Kampus Universitas Katolik Widya Mandira Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (962kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT PLAGIASI.pdf

Download (258kB)

Abstract

Pemerintah provinsi nusa tenggara timur yang berpusat di Kupang mengalami peningkatan jumlah penduduk setiap tahunnya. Kebutuhan akan ruang atau lahan kegiatan, serta infrastruktur untuk mendukung pemenuhan kebutuhan tersebut, seiring dengan perkembangan waktu maka pada tahun 1982 dibukalah kampus universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Perkembangan kampus universitas Katolik Widya Mandira Kupang begitu cepat sehingga memunculkan kawasan-kawasan seperti kos-kosan dan perumahan kawasan ekonomi seperti rumah makan, alfamart dan kios-kios kecil.pemgumpulan data perubahan tata guna lahan melalui google earth. Pendekatan di lakukan dengan menggunakan google earth secara sistematik mengenai fenomena yang terjadi dan di ukur berdasarkan luas wilayah yang mengalami perubahan atau pertambahan jumlah bangunan. Dari hasil perhitungan berdasarkan analisis penggunaan lahan dari bundaran Monumen kasih - kampus universitas Katolik Widya Mandira dalam jangka waktu 5 tahun dari tahun 2006-2021 terjadi perubahan penggunaan lahan yang di mana pendidikan meningkat sebesar 58,43%, permukiman meningkat sebesar 65,67%, pertokoan meningkat sebesar 63,95%, selanjutnya penyusutan terhadap lahan kosong sebesar 58,00%. Dari hasil analisa perhitungan perubahan indeks aksesibilitas dari bundaran Monumen kasih - kampus universitas Katolik Widya Mandira Kupang pada tahun 2006-2021 indeks aksesibilitas mengalami perubahan tidak menentu dimana segmen 1 mengalami perubahan 0,56 m, segmen 2 mengalami perubahan meningkat menjadi 1,26 m dan segmen 3 menurun menjadi 0,83 m dan segmen 4 mengalami perubahan meningkat menjadi 1,22 m. Kata kunci: penggunaan lahan, infrastruktur dan permukiman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan lahan, infrastruktur dan permukiman
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.T Evangelita Barbosa Pires
Date Deposited: 02 Apr 2024 06:13
Last Modified: 02 Apr 2024 06:13
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15805

Actions (login required)

View Item View Item