Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Pair Check Berbasis Media Audio visual dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2023/2024

SAE, Erasmus Yohanes (2024) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Pair Check Berbasis Media Audio visual dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (494kB)

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik ialah proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru (Teacher Center Learning). Kurang aktifnya peserta didik dalam pembelajaran menyebabkan nilai atau hasil yang rendah. Model pembelajaran Pair check merupakan model pembelajaran kooperatif yang menuntun partisipasi aktif peserta didik secara holistik baik secara fisik, mental, intelektual, maupun emosional. Keterlibatan peserta didik yang secara keseluruhan pada aspek kehadiran (presence) dan kontribusinya dalam upaya mencari tahu informasi yang relevan demi pengembangan dan peningkatan intensitas intelektual personalnya, kemudian akan dibantu oleh guru sebagai tenaga pendidik, pengajar, pembimbing yang akan mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Pair check Berbasis Media Audio visual terhadap Hasil Belajar Peserta didik di SMA Negeri 4 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan desain penelitian Non-Equivalent Kontrol Group Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini teridiri dari dua kelas yaitu (kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol). Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diberi perlakuan (Posttest) pada kelas eksperimen sebesar 82,34, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 76,56. Berdasarkan hasil uji anacova (one way anacova) diperoleh nilai probabilitas (sig.) 0,011 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. Hal ini menunjukan bahwa Ha (ada Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Pair check Berbasis Media Audio visual dalam Pembelajaran Biologi terhadap Hasil Belajar Peserta didik) diterima dan H0 (tidak ada Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Pair check Berbasis Media Audio visual terhadap Hasil Belajar Peserta didik) ditolak. Dari penelitian dan hasil analisis data penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: Ada Pengaruh Model Pair Check Berbasis Media Audio Visual dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar Peserta didik di SMA Negeri 4 Kupang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pair check, Media Audio visual, Hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Erasmus Yohanes Sae
Date Deposited: 03 Apr 2024 04:40
Last Modified: 03 Apr 2024 04:40
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15815

Actions (login required)

View Item View Item