Evaluasi Penggunaan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) Dalam Upaya Meningkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Di Desa Lembur Kabupaten Manggarai Timur

PAU, Novita (2024) Evaluasi Penggunaan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) Dalam Upaya Meningkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Di Desa Lembur Kabupaten Manggarai Timur. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (633kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (706kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN KETERANGAN PLAGIAT.pdf

Download (582kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan aplikasi SISKEUDES di desa lembur dalam pengelolaan keuangan desa?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan aplikasi SISKEUDES dalam mengelolaan keuangan di Desa Lembur. Jenis data dalam penelitian ini terbagi atas data menurut sumber dan data menurut sifatnya. Data menurut sumbernya terbagi atas data primer dan data sekunder, menurut sifatnya data kualitatatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dismpulkan bahwa prosedur pelaksanaan aplikasi SISKEUDES di desa Lembur sudah berjalan dengan baik, tapi pada tahap pelaporan di desa Lembur mengalami keterlambatan yang melampau batas pelaporan yang tercantum dalam permendagri Nomor 20 tahun 2018. Terdapat beberapa kendala yang menghambat penerapan aplikasi SISKEUDES yakni ; (1) sarana dan prasarana di kantor desa Lembur belum memadai; (2) minimnya sosialisa atau pelatihan mengenai penggunaan aplikasi SISKEUDES kepada perangkat desa atau operator desa; (3) jaringan internet yang tidak mendukung. Saran bagi pemerintahan Desa Lembur sebaiknya dalam pelaporan mengikuti peraturan yang ada, Pemerintah desa Lembur perlu menambahankan sarana dan prasarana seperti laptop dan juga pemerintah perlunya memperbaiki jaringan internet. Bagi pemerintah Kabupaten perlu mengadakan pelatihan penggunaan aplikasi siskeudes bagi operator desa secarah terus menerus hingga para operator desa mahir dalam mengoperasikan aplikasi dan juga pelatihan ini diadakan juga untuk seluru pejabat desa seperti kepala desa, sekertaris desa, dan juga bendahara desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi SISKEUDES, Pengelolaan Keuangan Desa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Novita Pau
Date Deposited: 03 Apr 2024 04:49
Last Modified: 03 Apr 2024 04:49
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15818

Actions (login required)

View Item View Item