Aspek Koordinasi Dalam Upacara Syukuran Panen Poan Kemer Ka Weru Masyarakat Kedang Di Desa Walangsawa Kecamatan Omesuri Kabupaten Lembata

BELALAWE, Sebrilia Arisa (2024) Aspek Koordinasi Dalam Upacara Syukuran Panen Poan Kemer Ka Weru Masyarakat Kedang Di Desa Walangsawa Kecamatan Omesuri Kabupaten Lembata. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB)

Abstract

Penelitian ini diberi judul "Aspek Koordinasi Dalam Upacara Sykuran Panen Poan Kemer Ka Weru Masyarakat Kedang Di Desa Walangsawa Kecamatan Omesuri Kabupaten Lembata". Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aspek koordinasi upacara perayaan Panen Masyarakat Kedang di Desa Walangsawa Kecamatan Omesuri Kabupaten Lembata. Metode penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah lembaga adat, kepala suku, dukun adat (molan maren) dan anggota adat. Jenis data meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data,reduksi data, penyajian data dan terakhir validasi/penarikan kesimpulan. Dengan menggunakan teori koordinasi Stoner (2006), penulis ingin menganalisis aspek koordinasi upacara panen dengan menggunakan indikator komunikasi, kerjasama, sinkronisasi, dan kesatuan tindakan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa koordinasi sangat penting dalam upacara syukuran panen poan kemer ka weru masyarakat kedang. Koordinasi ini dibangun dari ketiga suku yaitu suku belalawe, suku molelawe dab suku telulawe dengan melalui berbagai proses yang dimulai dari komunikasi dimana masing-masing pihak menyampaikan pesan. Kemudian dilanjutkan dengan kerjasama dalam hal ini menyiapkan alat dan bahan sehingga adanya sinkronisasi dimana masing-masing suku dapat bertukar pendapat sehingga menjadi satu kesepakatan atau satu pemahaman. Dan yang terakhir kesatuan tindakan yang dilakukan ketiga suku ini sehingga adanya keserasian dalam mencapai hasil bersama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Sebrilia Arisa Belalawe
Date Deposited: 06 Apr 2024 08:29
Last Modified: 06 Apr 2024 08:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15848

Actions (login required)

View Item View Item