Pengaruh Pengetahuan Keuangan Dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Pada Pelaku UMKM Kerajinan Tenun Di Borani Kabupaten Ngada

TEME, Maria Vinsensia (2024) Pengaruh Pengetahuan Keuangan Dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Pada Pelaku UMKM Kerajinan Tenun Di Borani Kabupaten Ngada. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (899kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (542kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (727kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (655kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (443kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (593kB)

Abstract

Maria Vinsensia Teme, Nomor Registrasi 321 19 038, dengan judul skripsi “Pengaruh pengetahuan keuangan dan sikap keuangan terhadap perilaku keuangan pada pelaku UMKM kerajinan tenun di Borani Kabupaten Ngada” dibawah bimbingan Dr. Henny A. Manafe, SE, MM selaku pembimbing 1 dan Ibu Maria B. M. G. Wutun, SE,MM selaku pembimbing 2 Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran umum tentang pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan perilaku keuangan pada pelaku UMKM kerajinan tenun di Borani? (2) Apakah pengetahuan keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan pada pelaku UMKM tenun di Borani? (3) Apakah sikap keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan pada pelaku UMKM kerajinan tenun di Borani? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum tentang pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan perilaku keuangan pada pelaku UMKM kerajinan tenun di Borani, untuk mengetahui pengaruh pengetahuan keuangan terhadap perilaku keuangan pada pelaku UMKM kerajinan tenun di Borani, untuk mengetahui pengaruh sikap keuangan terhadap perilaku keuangan pada pelaku UMKM kerajinan tenun di Borani. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 53 responden diolah menggunakan ssps statistic 24. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial (1) pengetahuan keuangan dengan t hitung sebesar 3,107. Hasil uji untuk variabel pengetahuan keuangan dengan diperoleh nilai signifikan 0,003≤0,05 berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan. (2) Sikap keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan dengan t hitung sebesar 3,591. Hasil uji untuk variabel sikap keuangan dengan diperoleh nilai 0,001≤0,05. Secara simultan pengetahuan keuangan dan sikap keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan diperoleh nilai signifikan 0,000≤0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengetahuan keuangan bepengaruh terhadap perilaku keuangan, dan sikap keuangan berpengaruh terhadap perilaku keuangan. Secara simultan pengetahuan keuangan dan sikap keuangan berpengaruh terhadap perilaku keuangan. Saran dari penelitian ini bagi pelaku UMKM untuk belajar terhadap informasi mengenai keuangan agar memiliki pengetahuan keuangan yang cukup sehingga dapat terhindar dari masalah keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Keuangan,Sikap Keuangan,dan Perilaku Keuangan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M Maria Vinsensia Teme
Date Deposited: 22 Apr 2024 00:29
Last Modified: 22 Apr 2024 00:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15937

Actions (login required)

View Item View Item