Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Pendapatan Dan Kepribadian Terhadap Pengelolaan Keuangan Guru-Guru SMK Negeri Ile Boleng Kecamatan Ile Boleng, Kabupaten Flores Timur

BEWA, Maria Magdalena Ina (2024) Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Pendapatan Dan Kepribadian Terhadap Pengelolaan Keuangan Guru-Guru SMK Negeri Ile Boleng Kecamatan Ile Boleng, Kabupaten Flores Timur. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (926kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (810kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURATKETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (562kB)

Abstract

Maria Magdalena Ina Bewa, Nomor Registrasi 321 19 043, dengan judul Skripsi “Pengaruh Pengetahuaan Keuangan, Pendapatan Dan Kepribadiaan Terhadap Pengelolaan Keuangaan Guru-Guru SMK Negeri Ile Boleng Kecamatan Ile Boleng, Kabupaten Flores Timur”. Masalah yang diangkat dalam penelitiaan ini adalah (1) Bagaimana gambaran umum pengetahuaan keuangan, pendapatan dan kepribadiaan terhadap pengelolaan keuangaan guru-guru SMK Negeri Ile Boleng? (2) Apakah pengetahuaan keuangan berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan guru-guru SMK Negeri Ile Boleng? (3) Apakah pendapatan berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan guru-guru SMK Negeri Ile Boleng? (4) Apakah kepribadiaan berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan guru-guru SMK Negeri Ile Boleng? (5) Apakah pengetahuaan keuangan, pendapatan dan kepribadiaan berpengaruh bersama-sama (simultan) terhadap pengelolaan keuangan guru-guru SMK Negeri Ile Boleng? Penelitiaan ini bertujuaan untuk mengetahui gambaran umum tentang pengetahuaan keuangan, pendapatan dan kepribadiaan terhadap pengelolaan keuangan guru-guru SMK Negeri Ile Boleng,untuk mengetahui signifikansi pengetahuan keuangan, pendapatan dan kepribadiaan terhadap pengelolaan keuangan guru-guru SMK Negeri Ile Boleng. Jenis penelitiaan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitiaan ini adalah kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 47 responden diolah menggunakan SPSS statistic 24. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukan bahwa sescara parsial (1) pengetahuaan keuangan dengan t hitung sebesar 0,479. Hasil uji untuk variabel pengetahuan dengan diperoleh nilai signifikan 0,634 > 0,05 berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pengelolaan keuangan, (2) pendapatan berpengaruh positif dan signifikan dengan t hitung 3.376. Hasil uji untuk variabel pendapatan dengan diperoleh nilai signifikan 0,002 < 0,05, dan (3) kepribadian berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan dengan t hitung sebesar 3.351. Hasil uji untuk variabel kepribadian dengan diperoleh nilai signifikan 0,002 < 0,05. Secara simultan pengetahuaan keuangan, pendapatan dan kepribadian berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengetahuaan keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan, pendapatan berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan, dan kepribadian berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan. Secara simultan pengetahuan keuangan, pendapatan dan kepribadian berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan. Saran dari penelitian ini agar guru-guru SMK Negeri Ile Boleng dapat mendalami dan mempraktikkan segala sumber untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan dalam bidang keuangan sehingga pengelolaan keuangan guru-guru di SMK Negeri Ile Boleng semakin membaik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan keuangan, Pengetahuan Keuangan,Pendapatan dan Kepribadian.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M Maria Magdalena Ina Bewa
Date Deposited: 22 Apr 2024 05:49
Last Modified: 22 Apr 2024 05:49
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15940

Actions (login required)

View Item View Item