Analisis Penatausahaan Aset Tetap Pada Pemerintah Daerah Kota Kupang Tahun Anggaran 2019-2021 (Studi Kasus Pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Kupang)

KOLIN, Patricia Saya (2024) Analisis Penatausahaan Aset Tetap Pada Pemerintah Daerah Kota Kupang Tahun Anggaran 2019-2021 (Studi Kasus Pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (763kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (505kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB)

Abstract

Skripsi berjudul “Analisis Penatausahaan Aset Tetap Pada Pemerintah Daerah Kota Kupang Tahun Anggaran 2019-2021 (Studi Kasus Pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kupang)” di bawah bimbingan Bapak Leopold M. T. Dawu, SE., MM selaku pembimbing I dan Ibu Viany C. Pah, SE., M.Si selaku pembimbing II. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penatausahaan aset tetap di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kupang sudah sesuai dengan PERMENDAGRI No. 19 Tahun 2016? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian penatausahaan aset tetap di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kupang dengan PERMENDAGRI No. 19 Tahun 2016. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penatausahaan aset tetap di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kupang belum sepenuhnya sesuai dengan PERMENDAGRI No. 19 Tahun 2016, hal ini dikarenakan beberapa masalah, yaitu: pada tahapan pembukuan, Kartu Inventaris Barang (KIB) yang dimiliki Dinas PUPR Kota Kupang tidak lengkap dan data-data aset tetap dalam Kartu Inventaris Barang (KIB) tidak lengkap. Pada tahapan inventarisasi, dokumen inventarisasi berupa buku inventaris yang dimiliki oleh Dinas PUPR Kota Kupang tidak lengkap sehingga tidak menunjukkan seluruh barang inventaris milik daerah. Berdasarkan hasil analisis dan kesimpulan yang telah diuraikan, maka adapun saran yang dapat penulis berikan sehubungan dengan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kupang, agar membuat peraturan yang mengharuskan Pengurus Barang Pengguna untuk menyimpan asli/fotokopi/salinan dari dokumen penatausahaan dan harus memberikan dokumen tersebut jika ada pergantian Pengurus Barang Pengguna sehingga masalah ketidaklengkapan Kartu Inventaris Barang (KIB) tidak terjadi lagi. Selanjutnya, agar setiap bidang melakukan koordinasi dengan pihak ketiga saat melakukan pekerjaan di lapangan sehingga data aset tetapnya lengkap dan Pengurus Barang Pengguna juga menerima data yang lengkap untuk pengisian Kartu Inventaris Barang (KIB). Tambahan lagi, agar Dinas PUPR Kota Kupang dapat membuat dokumen terkait inventarisasi berupa Buku Inventaris sehingga aset tetap yang diinventarisasi terdata secara lengkap. (2) Bagi peneliti selanjutnya, agar memperluas ruang lingkup dalam penelitian atau menambah variabel lain berupa prosedur lain dari pengelolaan aset daerah, sehingga penelitian yang dilakukan mendapatkan hasil yang lebih meluas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aset Tetap, Penatausahaan Aset
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Patricia Saya Kolin
Date Deposited: 21 May 2024 08:27
Last Modified: 21 May 2024 08:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/16156

Actions (login required)

View Item View Item