Tinjauan Keselamatan Lalu Lintas Di Simpang Tak Bersinyal Lengan Empat (Studi Kasus Jalan Nasional Trans Timor dan Jalan Pramuka Kota Atambua)

NAHAK, Helma Fiorela (2023) Tinjauan Keselamatan Lalu Lintas Di Simpang Tak Bersinyal Lengan Empat (Studi Kasus Jalan Nasional Trans Timor dan Jalan Pramuka Kota Atambua). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (959kB)

Abstract

Simpang empat tak bersinyal pada jalan Nasional Trans Timor Kota Atambua merupakan daerah yang sering terjadi kemacetan. Hal ini disebabkan oleh tingginya volume kendaraan baik transportasi roda empat maupun roda dua, kurang tertibnya pedagang kaki lima. Masalah ini muncul karena adanya ketidakseimbangan antara peningkatan kepemilikan kendaraan dan pertumbuhan prasarana jalan serta kurangnya kesadaran masyarakat untuk mematuhi peraturan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui derajat kejenuhan, Tundaan dan peluang antrean dengan cara mengambil data primer dan sekunder dengan survei volume lalu lintas dan kondisi geometrik. Penelitian ini dilakukan dengan metode MKJI 1997. Data volume lalu lintas diperoleh dari jumlah kendaraan yang melintas simpang Jalan Nasional Trans Timor Kota Atambua ini di ambil mulai dari hari Senin sampai Jumat pada pagi hari pukul 06.00 – 19.00 malam. kemudian data tersebut diolah dengan perhitungan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Hasil dari analisis kondisi eksisting pada hari Senin simpang empat tak bersinyal Jalan Nasional Trans Timor Kota Atambua didapatkan nilai Tundaan 5.72. Untuk mengurangi kemacetan pada simpang empat ini memakai alternatif I Alat pemberi Isyarat Lalu Lintas(APILL) mendapatkan nilai Tundaan 5.72 dan untuk alternatif II pemasangan barier mendapatkan nilai Tundaan . Maka dari itu, disarankan pemasangan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) dan pemasangan barier pada simpang empat tak bersinyal Jalan Nasional Trans Timor dan Jalan Pramuka Kota Atambua untuk menurunkan nilai Tundaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas, Geometrik Jalan.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
J Political Science > JS Local government Municipal government
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.T Helma Fiorela Nahak
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:44
Last Modified: 01 Jul 2024 03:44
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/16394

Actions (login required)

View Item View Item