Analisis Pengelolaan Anggaran Belanja Penanggulangan Bencana Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ngada Tahun 2021

NAGI, Kornelia Scolastika (2024) Analisis Pengelolaan Anggaran Belanja Penanggulangan Bencana Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ngada Tahun 2021. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (961kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (440kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN KETERANGAN PLAGIAT.pdf

Download (639kB)

Abstract

Judul skripsi “Analisis Pengelolaan Anggaran Belanja Penanggulangan Bencana Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ngada Tahun 2021”. Dibawah bimbingan Ibu Rere Paulina Bibiana, SE.,M.Si sebagai pembimbing I dan Ibu Maria Goreti Malut, SE.MM sebagai pembimbing II. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah Pengelolaan Anggaran Penanggulangan Bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ngada Tahun 2021 telah sesuai dengan Permendagri Nomor 77 Tahun 2020 dilihat dari aspek perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan”? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan anggaran penanggulangan bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ngada Tahun 2021 telah sesuai dengan Permendagri Nomor 77 Tahun 2020 dilihat dari aspek perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan. Jenis data dalam penelitian ini, menurut sifatnya adalah data kualitatif dan kuantitatif. Menurut sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ngada. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Perencanaan yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ngada telah disahkan oleh Pemerintah Daerah untuk melaksanakan program dan kegiatan yang diadakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ngada hal ini dinilai telah sesuai dengan Permendagri Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah. (2) Penganggaran yang dilakukan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ngada kurang maksimal dikarenakan anggaran yang dianggarkan oleh tiap-tiap program dan kegiatan telah di refocusing untuk penanganan bencana non alam (Covid-19) sehingga ada beberapa program yang belum berjalan dengan baik. Proses penganggaran ini dinilai telah sesuai dengan Permendagri Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah namun, hal ini belum berjalan secara maksimal dan baik dikarenakan adanya refocusing akibat bencana non alam (Covid-19). (3) Pelaksanaan yang dilakukan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ngada sudah dinilai cukup maksimal dikarenakan pada tahap pelaksanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ngada telah melaksanakan pengelolaan anggaran sesuai dengan regulasi dan hukum yang berlaku yang mana berpedoman pada Permendagri Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keungan Daerah. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka, disarankan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ngada, dalam mengatasi pengelolaan anggaran yang terkendala akibat refocusing anggaran sepatutnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah mengajukan permintaan bantuan anggaran dari BNPB Indonesia sehingga program dan kegiatan yang sudah direncanakan dapat diselenggarakan secara baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Penganggaran dan Pelaksanaan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Kornelia Scolastika Nagi
Date Deposited: 17 Jul 2024 00:15
Last Modified: 17 Jul 2024 00:15
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/16461

Actions (login required)

View Item View Item