Fungsi Koordinasi Dinas Perhubungan Dan Satuan Lalulintas Polresta Kupang Kota Dalam Meningkatkan Ketertiban Lalu Lintas Di Kota Kupang

ASFES, Madelin Chatarina (2024) Fungsi Koordinasi Dinas Perhubungan Dan Satuan Lalulintas Polresta Kupang Kota Dalam Meningkatkan Ketertiban Lalu Lintas Di Kota Kupang. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDIRA KUPANG.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN KETERANGAN PLAGIAT.pdf

Download (287kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul "Peran Koordinasi antara Dinas Perhubungan dan Satuan Lalulintas Polresta Kota Kupang dalam Meningkatkan Ketertiban Lalu Lintas di Kota Kupang". Rumusan masalahnya adalah Bagaimana peran koordinasi antara Dinas Perhubungan dan Satuan Lalulintas Polresta Kota Kupang dalam meningkatkan ketertiban berlalu lintas di Kota Kupang. Teori yang digunakan untuk menjawab masalah penelitian ini adalah teori koordinasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan sumber data primer dari para informan dan data sekunder dari dokumen-dokumen terkait dengan variabel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan analisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Komunikasi berupa kegiatan pertemuan rutin dalam Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) antara Dinas Perhubungan dan Satlantas Kota Kupang terkait Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Penggunaan HT (Handy Talky) sudah membantu dan memudahkan komunikasi satu arah antara Dinas Perhubungan dan Satlantas Kota Kupang dalam rangka meningkatkan ketertiban berlalu lintas di Kota Kupang dalam hal Koordinasi Operasional, Pemberian Informasi Lalu Lintas, Pengaturan Lalu Lintas, Penanganan Kedaruratan, Pemantauan Acara Khusus dan peningkatan keamanan di jalan raya dengan memberikan informasi dan instruksi yang diperlukan kepada petugas di lapangan. (2) Kesepakatan, Komitmen, dan Insentif Koordinasi berupa pembagian tugas dan koordinasi yang jelas antara Dinas Perhubungan dan Satlantas Kota Kupang dalam menjaga ketertiban berlalu lintas. Kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas masih sangat kurang karena kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya keamanan dan keselamatan diri sendiri maupun orang lain disaat berkendaraan. Namun dengan adanya program Area Traffic Control System (ATCS) oleh Dinas Perhubungan Kota Kupang sudah cukup efektif dalam memantau dan mengawasi keadaan lalu lintas serta adanya kerjasama dengan pihak satlantas sebagai mitra kerja dari Dinas Perhubungan sudah dapat membantu dalam menertibkan masyarakat Kota Kupang. Berdasarkan hasil analisis diatas, penulis menyimpulkan bahwa Koordinasi Dinas Perhubungan dan Satuan Lalulintas Polresta Kupang Kota dalam meningkatkan ketertiban sudah berjalan cukup baik. Hal ini tidak terlepas dari adanya Komunikasi, Kesepakatan, Komitmen, dan Insentif Koordinasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Koordinasi, Ketertiban Lalu Lintas, Kota Kupang
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Madelin Chatarina Asfes
Date Deposited: 25 Jul 2024 03:49
Last Modified: 25 Jul 2024 03:49
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/16492

Actions (login required)

View Item View Item