Pengaruh Motif, Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Oppo Pada Counter Renya Rosary Larantuka

OLA, Maria Benga (2020) Pengaruh Motif, Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Oppo Pada Counter Renya Rosary Larantuka. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (160kB)

Abstract

Maria Benga Ola (32116048) dengan judul Penelitian “Pengaruh Motif, Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Oppo Pada Counter Renya Rosary Larantuka”. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Drs Ec. Gaudensius Djuang,MM sebagai pembimbing I dan Anggraeny Paridy,SE,M.Si. sebagai pembimbing II. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana gambaran motif, persepsi, sikap konsumen dan keputusan pembelian smartphone merek Oppo pada Counter Renya Rosari Larantuka?, Apakah motif, persepsi, dan sikap konsumen secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone merek Oppo pada Counter Renya Rosari Larantuka?, Apakah motif, persepsi, dan sikap konsumen, secara silmultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone merek Oppo pada Counter Renya Rosari Larantuka?, sementara tujuannya mengetahui gambaran motif, persepsi, sikap konsumen dan keputusan pembelian handphone merek Oppo pada Counter Renya Rosari Larantuka secara parsial dan secara simultan. Metode pengumpulan data penelitian ini berupa kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan analisis data diawali dengan uji validitas dan reliabilitas dan dilanjutkan dengan analisis statistik deskriptif serta analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda pengujian, pengujian hipotesis statistik hingga penentuan nilai koefisien determinasi (R2 ). Adapun tujuan dalam penelitian ini yakni untuk mengetahui: pertama gambaran motif, persepsi, sikap konsumen dan keputusan pembelian handphone merek Oppo pada Counter Renya Rosari Larantuka, kedua signifikansi pengaruh motif, persepsi, dan sikap konsumen secara parsial dan secara simultan Hasil penelitian Penjualan Smartphone Oppo dari tahun 2017 sampai pada tahun 2019 mengalami fluktuasi. Selain itu, banyaknya merek Smartphone yang bersaing di Indonesia mengakibatkan Smartphone merek Oppo mengalami penurunan volume penjualan. Hal tersebut mengindikasikan adanya faktor lain yang mempengaruhi keputusan pembelian. Hasil uji deskriptif menunjukkan bahwa kategori persepi responden tentang seluruh variabel adalah baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata persepsi responden yakni sebesar 80.42 untuk variabel motif konsumen, 77.49 untuk persepsi konsumen, 81.71 untuk sikap konsumen, dan 68.72 untuk keputusan pembelian. Kesimpulan dari hasil analisis bahwa motif konsumen berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t lainnya menyimpulkan sikap konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan bukti nilai signifikansi sebesar 0.027atau lebih kecil dari 0.05. Sementara itu, secara simultan variabel bebas diketahui berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat dengan bukti nilai signifikansi hasil uji simultan (uji F) yakni sebesar 0.000 atau lebih kecil dari tingkat alfa 0.05. Hasil analisis uji F ini juga mendapati besaran pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat yakni sebesar 21.9%. Saran dari hasil penelitian ini antara lain diharapkan agar pihak perusahaan Oppo melakukan inovasi baru dengan keunggulan fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh Smartphone merek lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motif, Persepsi dan Sikap Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 25 Aug 2024 11:50
Last Modified: 25 Aug 2024 11:50
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/16583

Actions (login required)

View Item View Item