Pengaruh Keterampilan Sosial Dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 6 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019

ABES, Maria Rosaryi Dian (2019) Pengaruh Keterampilan Sosial Dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 6 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB 1 sary.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB II sary.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB III sary.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB IV sary.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB V sary.pdf

Download (139kB)

Abstract

Keterampilan sosial merupakan keterampilan yang timbul akibat hubungan antar manusia dengan manusia lain yang saling membutuhkan . Kemampuan penalaran adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam menyelesaikan permasalahan..Pendekatan saintifik adalah pendekatan yang membina kemampuan siswa memecahkan masalah melalui serangkaian aktivitas yang menuntut kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan berkomunikasi dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan saintifik materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (2) Bagaimana keterampilan sosial peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (3) Bagaimana kemampuan penalaran peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (4) Adakah hubungan keterampilan sosial dan kemampuan penalaran dengan hasil belajar pengetahuan dan keterampilan dengan menerapkan pendekatan saintifik materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (5) Adakah pengaruh keterampilan sosial dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan dengan menerapkan pendekatan saintifik materi pokok hukum-hukum dasar kimia kelas X MIPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan utama dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui efektifitas penerapan pendekatan saintifik materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (2) Mengetahui keterampilan sosial peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (3) Mengetahui kemampuan penalaran peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (4) Mengetahui ada tidaknya hubungan keterampilan sosial dan kemampuan penalaran dengan hasil belajar pengetahuan dan keterampilan materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh keterampilan sosial dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan dengan menerapkan pendekatan saintifik materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan pendekatan saintifik efektif materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (2) keterampilan sosial peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori baik sekali dengan rata-rata sebesar 84,5 (3) Kemampuan penalaran peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori istimewa dengan rata-rata nilai kemampuan penalaran sebesar 84 (4) Ada hubungan antara keterampilan sosial dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan dengan menerapkan pendekatan saintifik materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan koefisien korelasi rx1x2y1=0,639, dan rx1x2y2) = 0,722 (5) Ada pengaruh antara keterampilan sosial dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan dengan menerapkan pendekatan saintifik materi pokok hukumhukum dasar kimia pada peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 persamaan regresi ganda = 46,610 + 0,202 (X1) + 0,232 (X2) dan = 23,821 + 0,026 (X1) + 0,711 (X2)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Sosial, Kemampuan Penalaran,Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar Pengetahuan dan Keterampilan Peserta Didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 04 Feb 2020 02:33
Last Modified: 04 Feb 2020 02:33
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1665

Actions (login required)

View Item View Item