Sistem Pendukung Keputusan Calon Penerima Bantuan Pembangunan Rumah Di Desa Tendatoto Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Berbasis Web

EBA, Emirensiana (2024) Sistem Pendukung Keputusan Calon Penerima Bantuan Pembangunan Rumah Di Desa Tendatoto Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Berbasis Web. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (518kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (270kB)

Abstract

Bantuan rumah merupakan salah satu bentuk dukungan sosial dari pemerintah atau lembaga lain kepada masyarakat yang kurang mampu untuk membangun atau memperbaiki rumah, yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas hidup penduduk di daerah pedesaan. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang perumahan dan kawasan pemukiman, rumah berfungsi sebagai tempat tinggal yang layak huni, sarana pembinaan keluarga, cerminan harkat dan martabat penghuninya, serta aset bagi pemiliknya. Desa Tendatoto di Kecamatan Wolowae, Kabupaten Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan penduduk sebesar 1312 jiwa dan 296 Kepala Keluarga (KK), dimana 288 KK adalah keluarga pra sejahtera, telah menerima bantuan rumah sejak tahun 2019 melalui Dana Desa (DD) dan Dana Pokok Pikiran (Pokir). Meskipun bantuan ini telah memberikan dampak positif, proses penyalurannya masih rentan terhadap kekeliruan dan subjektivitas karena keputusan dibuat oleh pihak pemerintah desa secara tidak terstruktur, sehingga beberapa warga yang seharusnya menjadi prioritas tidak mendapatkan bantuan. Permasalahan ini dapat diatasi dengan penerapan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode SAW dipilih karena kemampuannya dalam melakukan evaluasi berdasarkan nilai kriteria dan bobot kepentingan yang diperlukan, sehingga memungkinkan pemilihan opsi terbaik dari beberapa alternatif secara lebih akurat. Sistem ini dirancang bangun untuk membantu pemerintahan desa dalam menentukan calon penerima bantuan pembangunan rumah, sehingga dapat mencegah kesalahan dan kekeliruan dalam proses penyaluran bantuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Bantuan Rumah, Simple Additive Weighting, Desa Tendatoto.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Ilmu Komputer
Depositing User: Emirensiana Eba
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:05
Last Modified: 07 Oct 2024 02:05
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/16728

Actions (login required)

View Item View Item