Pengaruh Gaya Kognitif Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Materi Pokok Larutan Penyangga Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Peserta Didik Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

MULYADI, Engelbertus Patrisius (2019) Pengaruh Gaya Kognitif Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Materi Pokok Larutan Penyangga Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Peserta Didik Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
Absraksi.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB 11.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB 111.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (37kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta empirik dalam proses belajar mengajar maupun hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 3 Kupang. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan discovery learning pada dasarnya mengacu pada pendapat Piaget bahwa anak harus berperan secara aktif dalam belajar di kelas. Bruner memakai cara dengan apa yang disebutnya discovery learning. Prosedur ini mendorong peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran, baik itu mengenai konsepkonsep maupun prinsip-prinsip. Guru mendorong peserta didik agar terlibat dalam proses pembelajaran yang memberikan pengalaman sehingga peserta didik menemukan prinsip-prinsip untuk diri mereka sendiri. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan discovery learning dengan materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (2) Bagaimana gaya kognitif peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (3) Bagaimana kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (4) Adakah hubungan gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri Kupang tahun ajaran 2018/2019? (5) Adakah pengaruh gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri Kupangtahun ajaran 2018/2019? Tujuan utama penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan discovery learning dengan materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui gaya kognitif peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2018/2019. (3) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2018/2019. (4) Untuk mengetahui hubungan gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri Kupang tahun ajaran 2018/2019. (5) Untuk mengetahui pengaruh gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri Kupang tahun jran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dan sampel adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa kuis, tugas dan ulangan untuk aspek pengetahuan (KI 3), lembar observasi psikomotor, presentasi dan lembar penilaian portofolio untuk aspek ketrampilan (KI 4), soal tes gaya kognitif dan soal tes kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Pendekatan discovery learning efektif terhadap materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2018/2019. (2) Gaya kognitif peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2018/2019 tergolong dalam tipe gaya kognitif field dependent dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 48,19. (3) Kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2018/2019 berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 84,825. (4) Ada hubungan antara gaya dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan pada peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2018/2019 dengan koefisien korelasi ganda sebesar rx1x2y1= 0,778 dan rx1x2y2= 0,724. (5) Ada pengaruh antara gaya dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan pada peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2018/2019 dengan persamaan garis regresi ganda Ŷ1= 33,286 + 0,542X1 + 0,536X2 dan Ŷ2= 27,908 + 0,510X1 + 0,411X2

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kognitif, Kemampuan Berpikir Kritis, Pendekatan Discovery Learning, Hasil Belajar Pengetahuan, Hasil Belajar Keterampilan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 05 Feb 2020 00:41
Last Modified: 05 Feb 2020 00:41
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1705

Actions (login required)

View Item View Item