Pengaruh Sikap Bijaksana Dan Kemampuan Asosiatif Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Kepolaran Senyawa Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Siswa Kelas X IPA 4 SMA Negeri 9 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

REGULA, Maria (2019) Pengaruh Sikap Bijaksana Dan Kemampuan Asosiatif Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Kepolaran Senyawa Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Siswa Kelas X IPA 4 SMA Negeri 9 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (520kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (140kB)

Abstract

Sikap bijaksana adalah keahlian dalam mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan perilaku dan makna hidup, dan perpaduan antara intelek dan karakter yang tidak terlepas dari aspek kognitif, motivasi dan emosi dalam berperilaku peserta didik. Kemampuan asosiatif adalah cara berpikir dengan mengasosiasikan sesuatu dengan yang lainya, atau proses pembentukan hubungan antara rangsangan dengam respon. Pendekatan discovery learning adalah suatu pendekatan pembelajaran untuk mengembangkan cara belajar siswa aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka hasil yang diperoleh tidak akan mudah dilupakan siswa. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektivitas penerapan pendekatan pembelajaran discovery learning dengan materi pokok kepolaran senyawa kelas X IPA 4 SMAN 9 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (2) Bagaimana sikap bijaksana siswa kelas X IPA 4 SMAN 9 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (3) Bagaimana kemampuan asosiatif siswa kelas X IPA 4 SMAN 9 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (4) Adakah hubungan sikap bijaksana dan kemampuan asosiatif siswa terhadap hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan pembelajaran discovery learning pada materi pokok kepolaran senyawa siswa kelas X IPA 4 SMAN 9 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (5) Adakah pengaruh sikap bijaksana dan kemampuan asosiatif siswa terhadap hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan pembelajaran discovery learning pada materi pokok kepolaran senyawa siswa kelas X IPA 4 SMAN 9 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan utama dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui efektivitas penerapan pendekatan pembelajaran discovery learning dengan materi pokok kepolaran senyawa siswa kelas X IPA 4 SMAN 9 Kupang tahun ajaran 2018/2019. (2 Mengetahui sikap bijaksana siswa kelas X IPA 4 SMAN 9 Kupang tahun ajaran 2018/2019. (3) Mengetahui kemampuan asosiatif siswa kelas X IPA 4 SMAN 9 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. (4) Mengetahui ada tidaknya hubungan sikap bijaksana dan kemampuan asosiatif siswa terhadap hasil belajar siswa yang pembelajaran discovery learning pada materi pokok kepolaran menerapkan pendekatan senyawa siswa kelas X IPA 4 SMAN 9 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. (5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap bijaksana dan kemampuan asosiatif siswa terhadap hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan pembelajaran discovery learning pada materi pokok kepolaran senyawa siswa kelas X IPA 4 SMAN 9 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan pendekatan discovery learning efektif materi pokok kepolaran senyawa peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 9 Kupang tahun ajaran 2018/2019 (2) Sikap bijaksana peserta didik kelas X ipa 4 SMA Negeri 9 Kupang tahun ajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata persentase sebesar 83,41% (3) Kemampuan asosiatif peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 9 Kupang tahun ajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata nilai sebesar 81,19 (4) Ada hubungan antara sikap bijaksana dan kemampuan asosiatif dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan discovery learning materi pokok kepolaran senyawa peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 9 Kupang tahun ajaran 2018/2019 dengan koefisien korelasi = 0,85 (5) Ada pengaruh sikap bijaksana dan kemampuan asosiatif dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan discovery learning materi pokok kepolaran senyawa peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 9 Kupang tahun ajaran 2018/2019 dengan persamaan regresi ganda Ŷ = 33,19 + 0,27 (X1) + 0,37 (X2).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sikap Bijaksana, Kemampuan Asosiatif, Pendekatan Discovery Learning, Hasil Belajar Peserta Didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 05 Feb 2020 00:43
Last Modified: 05 Feb 2020 00:43
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1706

Actions (login required)

View Item View Item