Pengaruh Sosialisasi Keuangan Terhadap Kesejahteraan Keuangan Yang Dimediasi Oleh Pengetahuan Keuangan Dan Perilaku Keuangan Pada Mahasiswa Di Kota Kupang

NAU, Vinsensius S. Dhogho (2024) Pengaruh Sosialisasi Keuangan Terhadap Kesejahteraan Keuangan Yang Dimediasi Oleh Pengetahuan Keuangan Dan Perilaku Keuangan Pada Mahasiswa Di Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (919kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (939kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN KETERANGAN PLAGIAT .pdf

Download (474kB)

Abstract

Vinsensius S. Dhogho Nau (32120077), dengan judul skripsi “Pengaruh Sosialisasi Keuangan Terhadap Kesejahteraan Keuangan Yang Dimediasi Oleh Pengetahuan Keuangan dan Perilaku Keuangan Pada Mahasiswa di Kota Kupang”. Di bawah bimbingan Dr. Henny A. Manafe SE, MM selaku dosen pembimbing I dan Maria B.M.G. Wutun, SE, MM selaku dosen pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini: 1) untuk mengetahui gambaran presepsi tentang sosialisasi keuangan, pengetahuan keuangan, perilaku keuangan, dan kesejahteraan keuangan pada mahasiswa di kota kupang, 2) untuk mengetahui sosialisasi keuangan berpengaruh terhadap pengetahuan keuangan dan perilaku keuangan, 3) untuk mengetahui sosiasilasi keuangan berpengaruh terhadap kesejahteraan keuangan, 4) untuk mengetahui pengetahuan keuangan dan perilaku keuangan berpenagruh terhadap kesejahteraan keuangan, dan 5) untuk mengetahui peran pengetahuan keuangan dan perilaku keuangan dapat memediasi pengaruh sosialisasi keuangan terhadap kesejahteraaan keuangan pada mahasiswa di kota kupang. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa pada Perguruan Tinggi di Kota Kupang dengan jumlah yang tidak diketahui. Sampel dalam penelitian ini yaitu 180 responden. Jenis data yang digunakan terdiri dari dua jenis data menurut sifat dan sumber. Pengumpulan data menggunkan kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan SEM PLS. Hasil analisis menggambarkan variabel kesejahteraan keuangan sebesar 84,25% (sangat baik), pengetahuan keuangan sebesar 79,24% (baik), perilaku keuangan sebesar 83,01% (baik), dan sosialisasi keuangan sebesar 82,41% (baik). Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa secara langsung variabel sosialisasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan keuangan dan perilaku keuangan namun sosialisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan keuangan pada mahasiswa kota kupang. Secara tidak langsung perilaku keuangan dapat memediasi pengaruh antara sosialisasi keuangan terhadap kesejahteraan keuangan, namun pengetahuan keuangan tidak dapat memediasi pengaruh antara sosialisasi keuangan terhadap kesejahteraan keuangan pada mahasiswa kota kupang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sosialisasi Keuangan, Pengetahuan keuangan, Perilaku Keuangan, dan Kesejahteraan Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Vinsensius S Dhogho Nau
Date Deposited: 17 Oct 2024 07:24
Last Modified: 17 Oct 2024 07:24
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/17073

Actions (login required)

View Item View Item