Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

FANGGI, Anita Maya Descilia (2019) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (810kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (111kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh seseorang dalam proses pembelajaran, dapat berbentuk kognitif, afektif dan psikomotorik yang penilaiannya melalui tes. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik adalah kurang aktifnya peserta didik dalam pembelajaran atau pembelajaran tidak melibatkan peserta didik secara aktif sehingga peserta didik kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik. Salah satu pembelajaran yang dipercaya dapat mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran adalah model discovery learning. Model discovery learning merupakan model pembelajaran untuk mengembangkan cara belajar peserta didik aktif dan menemukan sendiri, materi pembelajarannya melalui penyelidikan, sehingga hasil yang diperoleh akan tahan lama dalam ingatan dan tidak akan mudah dilupakan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Rata-rata pretest hasil belajar peserta didik pada kelas yang menerapakan model pembelajaran discovery adalah 41,61 dan posttest 81,79, sedangkan rata-rata pretest hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran langsung adalah 38,21 dan posttest 75,54. 2). N-gain pada kelas yang menerapkan model discovery learning adalah 0,70, dan pada kelas yang menerapkan model pembelajaran langsung adalah 0,61. 3). Berdasarkan hasil uji anacova diperoleh nilai probabilitas (sig.) 0,003 lebih kecil dari nilai signifikan yang ditetapkan yaitu 0,05. Dengan demikian Ha yang mengatakan “ada pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP Negeri 12 Kupang tahun ajaran 2018/2019” diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP Negeri 12 Kupang tahun ajaran 2018/2019.Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh seseorang dalam proses pembelajaran, dapat berbentuk kognitif, afektif dan psikomotorik yang penilaiannya melalui tes. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik adalah kurang aktifnya peserta didik dalam pembelajaran atau pembelajaran tidak melibatkan peserta didik secara aktif sehingga peserta didik kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik. Salah satu pembelajaran yang dipercaya dapat mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran adalah model discovery learning. Model discovery learning merupakan model pembelajaran untuk mengembangkan cara belajar peserta didik aktif dan menemukan sendiri, materi pembelajarannya melalui penyelidikan, sehingga hasil yang diperoleh akan tahan lama dalam ingatan dan tidak akan mudah dilupakan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Rata-rata pretest hasil belajar peserta didik pada kelas yang menerapakan model pembelajaran discovery adalah 41,61 dan posttest 81,79, sedangkan rata-rata pretest hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran langsung adalah 38,21 dan posttest 75,54. 2). N-gain pada kelas yang menerapkan model discovery learning adalah 0,70, dan pada kelas yang menerapkan model pembelajaran langsung adalah 0,61. 3). Berdasarkan hasil uji anacova diperoleh nilai probabilitas (sig.) 0,003 lebih kecil dari nilai signifikan yang ditetapkan yaitu 0,05. Dengan demikian Ha yang mengatakan “ada pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP Negeri 12 Kupang tahun ajaran 2018/2019” diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP Negeri 12 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Kata kunci: Pengaruh, Model Discovery Learning, Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh seseorang dalam proses pembelajaran, dapat berbentuk kognitif, afektif dan psikomotorik yang penilaiannya melalui tes. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik adalah kurang aktifnya peserta didik dalam pembelajaran atau pembelajaran tidak melibatkan peserta didik secara aktif sehingga peserta didik kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik. Salah satu pembelajaran yang dipercaya dapat mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran adalah model discovery learning. Model discovery learning merupakan model pembelajaran untuk mengembangkan cara belajar peserta didik aktif dan menemukan sendiri, materi pembelajarannya melalui penyelidikan, sehingga hasil yang diperoleh akan tahan lama dalam ingatan dan tidak akan mudah dilupakan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Rata-rata pretest hasil belajar peserta didik pada kelas yang menerapakan model pembelajaran discovery adalah 41,61 dan posttest 81,79, sedangkan rata-rata pretest hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran langsung adalah 38,21 dan posttest 75,54. 2). N-gain pada kelas yang menerapkan model discovery learning adalah 0,70, dan pada kelas yang menerapkan model pembelajaran langsung adalah 0,61. 3). Berdasarkan hasil uji anacova diperoleh nilai probabilitas (sig.) 0,003 lebih kecil dari nilai signifikan yang ditetapkan yaitu 0,05. Dengan demikian Ha yang mengatakan “ada pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP Negeri 12 Kupang tahun ajaran 2018/2019” diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP Negeri 12 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Kata kunci: Pengaruh, Model Discovery Learning, Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 05 Feb 2020 01:35
Last Modified: 05 Feb 2020 01:35
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1710

Actions (login required)

View Item View Item