BESIN, Julia Antanina (2024) Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Akun Instagram Kedai Kopi @Oosten.Co). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (970kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (334kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (832kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (195kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (574kB) |
Abstract
Penelitian ini berkaitan dengan “Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram” (Studi Kasus Pada Akun Instagram Kedai Kopi @Oosten.Co). Penelitian ini menarik untuk diteliti karena penulis melihat perubahan dari salah satu kedai yang cukup signifikan mengenai strategi penjualan produk makanan dan minuman antara sebelum menggunakan instagram dan menggunakan aplikasi whatsapp. Oleh karena itu, penelitian ini membahas mengenai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Oosten Coffee dengan menggunakan dua teknik pengumpulan data yakni wawancara mendalam dan observasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus, jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa penjualan mengalami kenaikan secara signifikan melebihi hasil dari metode penjualan yang sebelumnya. Hasil yang diperoleh ini merupakan dampak dari perubahan cara mempromosikan produk kuliner. Perubahan cara promosi, strategi dan penggunaan fitur instagram yang lebih memadai untuk menjangkau lebih banyak konsumen, membantu owner Oosten Coffee untuk meningkatkan hasil penjualan. Owner menggunakan dua strategi komunikasi pemasaran penjualan yaitu strategi iklan dan pemasaran langsung untuk lebih memperkenalkan penjualannya dengan menenempatan hasil penjualan produk pada instastory, postingan, reels (video pendek), hightlight (sorotan) profil instagram dan penjelasan langsung mengenai produk ditempat penjualan dan disebarkan melalui aplikasi lain seperti whatsapp. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan kedua strategi ini yaitu iklan dan pemasaran langsung ini sangat berpengaruh terhadap produk makan dan minuman dan peningkatan jumlah pengunjung . Penulis juga memberikan saran, dengan berhasilnya penerapan strategi ini, penulis berharap agar owner lebih memperluas penggunaan media sosial yang dipakai untuk memperkenalkan Oosten Coffee kepada masyarakat. Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Media Baru, Instagram, Oosten Coffee
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Pemasaran, Media Baru, Instagram, Oosten Coffee |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Julia Antanina Besin |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 06:39 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 06:39 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/17164 |
Actions (login required)
View Item |