Pengaruh Gaya Kognitif Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Pada Materi Pokok Sistem Koloid Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Yang Di Rancang Dalam Sistem Lesson Study Of Learning Community Pada Peserta Didik Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019

LAKE, Veronika (2019) Pengaruh Gaya Kognitif Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Pada Materi Pokok Sistem Koloid Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Yang Di Rancang Dalam Sistem Lesson Study Of Learning Community Pada Peserta Didik Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (72kB)

Abstract

Gaya kognitif adalah cara setiap individu dalam menerima, mengorganisasikan, merespon, mengolah informasi dan menyusunnya berdasarkan pengalaman-pengalaman yang dialami berdasarkan kajian psikologis. Kemampuan berpikir kritis merupakan suatu proses berpikir yang didasarkan pada alasan yang logis untuk membuat kesimpulan yang akan menentukan tindakan selanjutnya dalam penyelesaian masalah. Lesson study of learning community adalah suatu kegiatan untuk pembinaan profesionalisme guru bersama rekan sejawatnya (collegiality) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Model pembelajaran berbasis masalah adalah merupakan suatu Pendekatan pembelajaran dimana siswa sebagai pembelajar dihadapkan dengan masalah yang konteks dan siswa berperan aktif memnyelesaikan menyelesaikan masalah tersebut sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, percaya diri dan kemandirian. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) pada pembelajaran dapat menekankan agar pembelajaran dapat memberikan kemampuan bagaimana cara memecahkan masalah yang objektif dan tahu benar apa yang dihadapi.Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC pada peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019? (2)Bagaimana keterlaksanaan LSLC dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (3) Bagaimana gaya kognitif peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019 dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah untuk materi sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC ? (4) Bagaimana kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019 dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah untuk materi sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC ? (5) Adakah hubungan antara gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar pengetahuan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC pada peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019? (6) Adakah hubungan antara gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar ketrampilan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC pada peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019? (7) Adakah pengaruh antara gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar pengetahuan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC pada peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019? (8) Adakah pengaruh antara gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar ketrampilan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC pada peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019? Tujuan utama dari penelitian ini adalah (1) mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC pada peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019 (2) mengetahui keterlaksanaan LSLC dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019. (3) mengetahui gaya kognitif dalam pembelajaran pada materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC pada peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019 (4) mengetahui kemampuan berpikir kritis pada materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC pada peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019 (5) mengetahui ada tidaknya hubungan antara gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar pengetahuan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC pada peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019 (6) mengetahui ada tidaknya hubungan antara gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar ketrampilan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC pada peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019 (7) mengetahui ada tidaknya pengaruh antara gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar pengetahuan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC pada peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019 (8) mengetahui ada tidaknya pengaruh antara gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar ketrampilan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC pada peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang di rancang dalam sistem Lesson Study Of Learning Community efektif materi pokok sistem koloid pada peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (2) Keterlaksanaan LSLC efektif materi pokok sistem koloid pada peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (3) Gaya kognitif siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori FI dengan rata-rata sebesar 75 (4) Kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 77% (4) Ada hubungan antara gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil belajar pengetahuan yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah yang dirancang dalam sistem LSLC pada materi pokok sistem koloid kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan koefisien korelasi = 0,78386 (6) Ada hubungan antara gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil belajar keterampilan yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah yang dirancang dalam sistem LSLC pada materi pokok sistem koloid kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan koefisien korelasi = 0,76294 (7) Ada pengaruh antara gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar pengetahuan siswa yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan persamaan regresi sederhana (8) Ada pengaruh antara gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar keterampilan siswa yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan persamaan regresi sederhana Gaya kognitif adalah cara setiap individu dalam menerima, mengorganisasikan, merespon, mengolah informasi dan menyusunnya berdasarkan pengalaman-pengalaman yang dialami berdasarkan kajian psikologis. Kemampuan berpikir kritis merupakan suatu proses berpikir yang didasarkan pada alasan yang logis untuk membuat kesimpulan yang akan menentukan tindakan selanjutnya dalam penyelesaian masalah. Lesson study of learning community adalah suatu kegiatan untuk pembinaan profesionalisme guru bersama rekan sejawatnya (collegiality) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Model pembelajaran berbasis masalah adalah merupakan suatu Pendekatan pembelajaran dimana siswa sebagai pembelajar dihadapkan dengan masalah yang konteks dan siswa berperan aktif memnyelesaikan menyelesaikan masalah tersebut sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, percaya diri dan kemandirian. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) pada pembelajaran dapat menekankan agar pembelajaran dapat memberikan kemampuan bagaimana cara memecahkan masalah yang objektif dan tahu benar apa yang dihadapi.Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC pada peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019? (2)Bagaimana keterlaksanaan LSLC dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (3) Bagaimana gaya kognitif peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019 dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah untuk materi sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC ? (4) Bagaimana kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019 dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah untuk materi sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC ? (5) Adakah hubungan antara gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar pengetahuan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC pada peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019? (6) Adakah hubungan antara gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar ketrampilan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC pada peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019? (7) Adakah pengaruh antara gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar pengetahuan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC pada peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019? (8) Adakah pengaruh antara gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar ketrampilan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC pada peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019? Tujuan utama dari penelitian ini adalah (1) mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC pada peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019 (2) mengetahui keterlaksanaan LSLC dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019. (3) mengetahui gaya kognitif dalam pembelajaran pada materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC pada peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019 (4) mengetahui kemampuan berpikir kritis pada materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC pada peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019 (5) mengetahui ada tidaknya hubungan antara gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar pengetahuan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC pada peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019 (6) mengetahui ada tidaknya hubungan antara gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar ketrampilan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC pada peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019 (7) mengetahui ada tidaknya pengaruh antara gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar pengetahuan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC pada peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019 (8) mengetahui ada tidaknya pengaruh antara gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar ketrampilan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC pada peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun 2018/2019. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang di rancang dalam sistem Lesson Study Of Learning Community efektif materi pokok sistem koloid pada peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (2) Keterlaksanaan LSLC efektif materi pokok sistem koloid pada peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (3) Gaya kognitif siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori FI dengan rata-rata sebesar 75 (4) Kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 77% (4) Ada hubungan antara gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil belajar pengetahuan yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah yang dirancang dalam sistem LSLC pada materi pokok sistem koloid kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan koefisien korelasi = 0,78386 (6) Ada hubungan antara gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil belajar keterampilan yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah yang dirancang dalam sistem LSLC pada materi pokok sistem koloid kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan koefisien korelasi = 0,76294 (7) Ada pengaruh antara gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar pengetahuan siswa yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan persamaan regresi sederhana (8) Ada pengaruh antara gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar keterampilan siswa yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid yang di rancang dalam sistem LSLC siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan persamaan regresi sederhana

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kognitif, Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Lesson Study Of Learning Community, Hasil Belajar Pengetahuan dan Keterampilan Peserta Didik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 05 Feb 2020 03:31
Last Modified: 05 Feb 2020 03:31
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1723

Actions (login required)

View Item View Item