Penerapan Bentuk Desain Kelompok Gerak Canon Dan Alternate Dalam Tari Gasa Tonnu Sumba Barat Daya Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Mahasiswa Minat Tari Semester IV Pendidikan Musik Unwira Kupang Tahun 2019.

MERE, Adriani Sari (2019) Penerapan Bentuk Desain Kelompok Gerak Canon Dan Alternate Dalam Tari Gasa Tonnu Sumba Barat Daya Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Mahasiswa Minat Tari Semester IV Pendidikan Musik Unwira Kupang Tahun 2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (760kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (319kB)

Abstract

Tari Tenun atau Gasa Tonnu berasal dari Sumba Barat Daya. Tari Tenun atau Gasa Tonnu yang tercipta oleh kondisi masyarakat yang masih memegang erat adat istiadat (Budaya Sumba) yang identik dengan kain tenun / Tonnu Ge We’e dan sarung tenun / Tonnu Ge Ingi pada setiap moment atau peristiwa adat sehingga menjadi ciri khas atau simbol sejak dari nenek moyang. Tari Tenun atau Gasa Tonnu terdapat enam ragam gerak asli. Pada pola gerak tarian Gasa Tonnu bersifat Unison atau Serempak sehingga terkesan Monoton dan kurang estetis. Sehingga perlu penerapan dengan menggunakan Bentuk Desain Kelompok untuk menambah estetis tanpa menghilangkan keaslian ragam gerak Gasa Tonnu. Masalah pokok hasil penelitian adalah bagaimana upaya penerapan bentuk desain kelompok gerak Canon dan Alternate dalam Tari Gasa Tonnu Sumba Barat Daya melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada Mahasiswa Minat Tari Semester IV Pendidikan Musik Unwira Kupang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses penerapan bentuk desain kelompok gerak Canon dan Alternate dalam tari Gasa Tonnu Sumba Barat Daya melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada mahasiswa minat tari semester IV Pendidikan Musik Unwira Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dan metode yang digunakan adalah Tindakan Lapangan. Teknik Pengumpulan data berupa Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses Penerapan Bentuk Desain Kelompok Gerak Canon dan Alternate dalam Tari Gasa Tonnu Sumba Barat Daya melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada Mahasiswa Minat Tari Semester IV Pendidikan Musik Unwira Kupang dilakukan dalam 8 kali pertemuan. Pertemuan pertama Peneliti menjelaskan Gasa Tonnu dan alur penelitian. Pertemuan dua sampai pertemuan keempat peneliti mengajarkan ragam gerak asli dan pada pertemuan keempat peneliti juga membagi kelompok untuk mencari Bentuk Desain Gerak Canon dan Alternate. Pertemuan kelima sampai pertemuan ketujuh mahasiswa minat tari melatih Bentuk Desain Gerak Canon dan Alternate hasil diskusi kelompok serta ragam gerak unison. Pertemuan 8 mahasiswa mementaskan Tari Tenun / Gasa Tonnu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Mahasiswa minat tari dalam penerapan Bentuk Desain Kelompok Canon dan Alternate telah memahami secara baik tentang proses penggarapanya dalam Gasa Tonnu Sumba Barat Daya dalam Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gasa Tonnu, Bentuk Desain, Kelompok Gerak Pembelajaran, Berbasis Proyek (Project Based Learning)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
M Music and Books on Music > M Music
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 07 Feb 2020 00:44
Last Modified: 07 Feb 2020 00:44
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1727

Actions (login required)

View Item View Item