Pengaruh Kepercayaan Merek, Ekuitas Merek, Dan Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Samsung Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Unwira Kupang

JENADUR, Elias Jemsianus (2019) Pengaruh Kepercayaan Merek, Ekuitas Merek, Dan Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Samsung Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Unwira Kupang. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (98kB)

Abstract

Meningkatnya pengguna smartphone di kalangan masyarakat, semakin meningkat juga persaingan antar perusahaan smartphone yang berlomba untuk mempromosikan produknya. Samsung merupakan salah satu produk smartphone yang mereknya sangat terkenal di Indonesia, bahkan menjadi peringkat pertama yang menduduki pangsa pasar untuk kategori smartphone, namun lain halnya di Kota Kupang, tingkat penjualann smartphone Samsung mengalami fulktuasi bahkan cendrung menurun. Pokok masalah dalam penelitian ini, adalah bagaimana persepsi konsumen tentang kepercayaan merek, ekuitas merek, dan komunikasi pemasaran smartphone Samsung, dan apakah kepercayaan merek ekuitas merek, dan komunikasi pemasaran secara parsial maupun simultan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung pada Mahasiswa Program Studi Manajemen UNWIRA Kupang. Penelitian dilakukan di Kampus UNWIRA Kupang, dengan jumlah sampel sebanyak 112 responden yang ditentukan dengan mengalikan indikator dengan angka 8. Tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik purposive sampling. Jenis data kualitatif, kuantitatif, data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif diperoleh jawaban responden sangat baik yaitu pada variabel kepercayaan merek (84,2%), dan komunikasi pemasaran (93,3%), variabel ekuitas merek (81%), dan keputusan pembelian (80,2%) dikategorikan baik. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kepercayaan merek, ekuitas merek, dan komunikasi pemasaran secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel kepercayaan merek, ekuitas merek, dan komunikasi pemasaran secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung. Koefisien determinasi sebesar 0,312, hal ini berarti 31,2% variabel keputusan konsumen dapat dijelaskan oleh variabel kepercayaan merek, ekuitas merek, dan komunikasi pemasaran, sedangkan sisanya 68,8% dijelaskan oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Disarankan kepada perusahaan smartphone Samsung, untuk terus mempertahankan kualitas dari smartphone Samsung dengan cara menambah atau memodifikasi fitur-fitur pada smartphone Samsung dan meningkatkan promosi penjualan, dengan cara memberikan diskon yang besar dan memberikan hadiah bagi konsumen, apabila membeli smartphone Samsung, agar konsumen tetap tertarik dan tidak berpindah ke merek lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kepercayaan merek, ekuitas merek, komunikasi pemasaran, dan keputusan pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 07 Feb 2020 00:47
Last Modified: 07 Feb 2020 00:47
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1728

Actions (login required)

View Item View Item