Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik KELAS VII Pada Materi Pokok Dampak Pencemaran Lingkungan Bagi Kehidupan Di SMP Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

LOPES, Frida Novia (2019) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik KELAS VII Pada Materi Pokok Dampak Pencemaran Lingkungan Bagi Kehidupan Di SMP Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (670kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan produk evaluasi yang dilaksanakan untuk melihat apakah terdapat perubahan atau tidak pada diri peserta didik, atau berhasil atau tidaknya pembelajaran yang dilaksanakan. Pembelajaran IPA di sekolah cenderung menggunakan konsep pembelajaran yang berpusat pada guru dan peserta didik kurang terlibat dalam pembelajaran dikarenakan peserta didik kurang percaya diri. Hal tersebut menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pokok Dampak Pencemaran Lingkungan Bagi Kehidupan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperiment. Desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIH sebanyak 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII sebanyak 28 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning lebih berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dari pada penerapan model pembelajaran langsung, dimana nilai rata-rata pretes dan posttes dengan model Discovery Learning dari 47,68 naik menjadi 79,64, sedangkan rata-rata pretes dan posttes dengan model pembelajaran langsung dari 58,93 naik menjadi 74,29. Nilai rata-rata reliabilitas aktivitas peserta didik pada kelas eksperimen adalah 31,96. Sedangkan, pada kelas kontrol nilai rata-rata reliabilitasnya adalah 15,36. Berdasarkan data tersebut, nilai rata-rata reliabilitas aktivitas peserta didik pada kelas yang diterapkan model Discovery Learning lebih tinggi dibandingkan kelas yang diterapkan model pembelajaran langsung. Dalam mengelola pembelajaran, guru mampu menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran langsung dengan baik. Uji normalitas berdistribusi normal, dimana nilai probabilitas lebih besar dari taraf signifikan. Uji homogenitas menunjukkan bahwa nilai probabilitas lebih besar dari taraf signifikan. Pada uji anacova angka signifikasinya lebih kecil dari taraf signifikan, sehingga H0 ditolak dan HA diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis ada pengaruh Model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi Dampak Pencemaran Lingkungan Bagi Kehidupan di SMP Negeri 5 Kupang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Discovery Learning, Hasil Belajar dan Dampak Pencemaran Lingkungan Bagi Kehidupan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 06 Feb 2020 03:47
Last Modified: 06 Feb 2020 03:47
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1738

Actions (login required)

View Item View Item