Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPN 10 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

LURUK, Adelfina Maria (2019) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPN 10 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (650kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (146kB)

Abstract

Fakta di lapangan menunjukkan, saat ini proses pembelajaran di sekolah masih didominasi oleh kebiasaan bahwa sebuah pengetahuan merupakan perangkat fakta- fakta yang harus dihafal. Situasi kelas sebagian besar masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan serta penggunaan metode ceramah sebagai pilihan utama strategi belajar. Selain itu pembelajaran Biologi yang dilakukan lebih dominan kepada aspek pengetahuan dan pemahaman konsep, peserta didik hanya menghafal konsep dan kurang mampu menggunakan konsep tersebut jika bersentuhan langsung dengan masalah nyata yang berkaitan dengan konsep yang dimiliki. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengatasi masalah ini adalah model Problem Based Learning (PBL). Model ini diyakini dapat membelajarkan siswa untuk terlibat aktif secara langsung dalam proses pembelajaran karena peserta didik akan dibimbing dan dituntut untuk mencari dan menemukan sendiri masalah atau soal yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok Pencernaan Makanan Pada Manusia di SMP Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen. Desain penelitiannya non equivalent pretest-posttest control group desain. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen meningkat yaitu dari 42,7 menjadi 80,8. Hal ini menunjukan bahwa Model Problem Based Learning (PBL) pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Di lihat dari hasil uji Anava (satu arah), menunjukan bahwa probabilitas (sig), lebih kecil dari signifikan yang digunakan 0,002 < 0,05. Hal tersebut menunjukan bahwa H0 di tolak dan Ha di terimah. Simpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok Sistem Pe

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 06 Feb 2020 03:51
Last Modified: 06 Feb 2020 03:51
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1739

Actions (login required)

View Item View Item