Upaya Meningkatkan Kemampuan Bermain Alat Musik Rekorder Soprano Melalui Pembelajaran Teknik Penjarian Dan Pernapasan Pada Siswa SMPN 1 Rote Selatan Dengan Menggunakan Metode Drill

MAURE, Marli Orpa (2019) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bermain Alat Musik Rekorder Soprano Melalui Pembelajaran Teknik Penjarian Dan Pernapasan Pada Siswa SMPN 1 Rote Selatan Dengan Menggunakan Metode Drill. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (24kB)

Abstract

Rekorder merupakan salah satu jenis instrumen musik sekolah yang saat ini sudah menjadi salah satu sub pokok bahasan pada mata pelajaran seni budaya di SMP. Dalam memainkan rekorder tentunya kita harus mempelajari lebih dahulu mengenai teknik penjarian dan juga pernapasan agar permainan yang dihasilkan dapat didengar harmonis. Di SMP N 1 Rote Selatan melalui observasi ditemukan bahwa siswa-siswi masih mengalami kesulitan dalam menerapkan teknik penjarian dan pernapasan pada permainan alat musik rekorder. Kondisi ini mendorong penulis melakukan penelitian dengan permasalahan bagaimana upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bermain alat musik rekorder soprano melalui pembelajaran teknik penjarian dan pernapasan pada siswa SMP N 1 Rote Selatan menggunakan metode drill. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang ditempuh untuk meningkatkan kemampuan bermain rekorder soprano melalui pembelajaran teknik penjarian dan pernapasan pada siswa SMP N 1 Rote Selatan dengan menggunakan metode drill. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tindakan lapangan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini menjelaskan bahwa penggunaan metode drill sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan bermain alat musik rekorder soprano melalui teknik penjarian dan pernapasan pada siswa SMP N 1 Rote Selatan dilaksanakan dalam 7 kali pertemuan dapat memberikan hasil yang cukup efektif. Dalam proses penelitian ini siswa-siswi awalnya dilatih penjarian dengan memperhatikan kesempurnaan jari dalam menutup dan membuka lubang nada agar menghasilkan nada-nada dengan tinggi rendah yang sempurna. Selanjutnya mereka dilatih etude dengan memperhatikan teknik meniup serta membuka dan menutup lubang nada secara tepat. Terakhir siswa siswi dilatih memainkan lagu model dengan memperhatikan sinkronisasi teknik meniup dengan teknik penjarian dalam menutup dan membuka lubang nada. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode drill sebagai upaya meningkatkan kemampuan bermain alat musik rekorder soprano melalui teknik penjarian dan pernapasan pada siswa-siswi SMP N 1 Rote Selatan minat musik dapat memberikan hasil yang cukup efektif meskipun ada beberapa siswa yang belum bisa memainkan rekorder dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teknik Pernapasan, Penjarian, Rekorder Soprano, SMP N 1 Rote Selatan, Metode Drill
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 06 Feb 2020 03:59
Last Modified: 06 Feb 2020 03:59
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1741

Actions (login required)

View Item View Item