Pengaruh Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing (Quided Inkuiry) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPK St.Theresia Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

FERROH, Aprini Henderina (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing (Quided Inkuiry) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPK St.Theresia Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (887kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan kemampuan yang di peroleh individu setelah proses belajar berlangsung, yang dapat memberikan perubahan tingkah laku baik pengetahuan, pemahaman, sikap dan ketrampilan peserta didik sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Salah satu indikator tercapai atau tidaknya suatu proses pembelajaran adalah dengan melihat hasil belajar yang di capai oleh peserta didik. Proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan maksimal apabila guru mampu melibatkan peserta didik dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik adalah model inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPK St. Theresia Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPK St. Theresia Kupang. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta dididk kelas VIII D yang di terapkan model pembelajaran inkutri terbimbing, dan kelas VIII E di terapkan model pembelajarannlangsung. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonrandomized Control Group Pre-Test Post-Test Design. Pengumpulan data di lakukan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriktif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen meningkat dari 42,14 menjadi 81,96. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing mempunyai Pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Di lihat dari hasil uji anacova, menunjukkan bahwa nilai probabilitas (sig) lebih kecil dari taraf signifikan yang di gunakan 0,02 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa H0 di tolak dan Ha di terima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPK St. Theresia Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing, sistem pencernaan Makanan pada manusia, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 06 Feb 2020 04:18
Last Modified: 06 Feb 2020 04:18
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1743

Actions (login required)

View Item View Item