YUNIOR, Eduardus Wunga (2024) Strategi Pengelolaan Lahan Parkir (Studi Kasus Toko Surya Bangunan TDM). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (582kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (446kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (803kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (653kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (114kB) |
|
Text
DAFTA PUSTAKA.pdf Download (675kB) |
Abstract
Parkir merupakan salah satu unsur sarana yang tidak dapat dipisahkan dari sistem transportasi jalan raya secara keseluruhan. Kebanyakan penduduk di kota-kota besar melakukan kegiatan atau berpergian dengan menggunakan kendaraan pribadi sehingga secara tidak langsung diperlukan jumlah lahan parkir yang memadai. Kondisi perparkiran yang belum optimal dapat memberikan gangguan sangat berarti bagi sistem lalu lintas, salah satu masalah dari sistem perparkiran yang belum optimal yaitu dapat menimbulkan kemacetan terhadap mobilitas pergerakan. Penenlitian ini bertujuan Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik parkir dan kebutuhan lahan parkir di lokasi penelitian dan dapat merekomendasikan strategi Pengelolaan Perparkiran di Lokasi Penelitian. Metode perhitungan yang digunakan adalah indeks parkir, yang bertujuan untuk mengetahui kondisi ruang parkir yang tersedia sesuai dengan akumulasi parkir, dengan rumus akumlasi dikalikan 100% dibagi ruang parkir tersedia. Untuk nilai indeks parkir jika < 1 maka memenuhi kebutuhan sebaliknya > 1 maka tidak memenuhi kebutuhan parkir. Berdasarkan hasil perhitungan indeks parkir pada area parkir yang tersedia pada Toko Surya Bangunan di lapangan, dapat diketahui bahwa kondisi parkir di lapangan maupun pada perhitungan index parkir dan kapasitas parkir terlihat tidak memenuhi kapasitas parkir. Hal ini disebabkan karena pada area tersebut parkirnya masih digabung antara kendaraan sepeda motor dan mobil. Faktor lain yang mempengaruhi yaitu, pihak toko yang memiliki lahan parkir yang terbatas, serta kendaraan yang terparkir pada bahu jalan. Beberapa rekomendasi berdasarkan faktor yang secara langsung mempengaruhi karakteristik parkir yaitu akumulasi, durasi, dan interval waktu pergantian yaitu, pihak toko dapat menerapkan pola parkir satu sisi membentuk sudut 900 dan pola parkir pararel untuk motor dan mobil sesuai SRP, dikarenakan Toko Surya Bangunan memiliki lahan parkir yang terbatas. Selanjutnya pihak toko juga dapat menggunakan area parkir zona B untuk karyawan dan pengunjung toko, guna mengurangi kendaraan yang melebihi kapasitas parkir pada zona A.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | EDUARDUS WUNGA YUNIOR |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 06:52 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 06:52 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/17606 |
Actions (login required)
View Item |