Efektifitas Penerapan Teknik Role Playing Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Pada Kegiatan Bimbingan Dan Konseling (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas XI IIS5 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019)

DJEGO, Regina (2019) Efektifitas Penerapan Teknik Role Playing Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Pada Kegiatan Bimbingan Dan Konseling (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas XI IIS5 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (700kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (713kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (270kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah “apakah penerapan teknik role playing melalui layanan bimbingan kelompok efektif meningkatkan interaksi sosial siswa pada kegiatan bimbingan dan konseling kelas XI IIS5 SMA Negeri 4 kupang tahun ajaran 2018/2019?”. Tujuan penelitian adalah : untuk mengetahui efektifitas penerapan teknik role playing melalui layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan interaksi sosial siswa pada kegiatan bimbingan dan konseling kelas XI IIS5 SMA Negeri 4 kupang tahun ajaran 2018/2019?”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tipe penelitian pra-eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket interaksi sosial. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Hasil analisis menunjukan nilai t hitung sebesar 9, 923 sedangkan nilai t tabel pada taraf signifikasi 1% sebesar 4, 604. Dengan demikian nilai t hitung > t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa teknik role playing melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan interaksi sosial siswa pada kegiatan bimbingan dan konseling kelas XI IIS5 SMA Negeri 4 Kupang. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti memberikan saran kepada: 1) Kepala sekolah sebagai pemimpin tertinggi di sekolah diharapkan untuk meningkatkan kerjasama dengan semua pihak baik konselor sekolah maupun guru mata pelajaran dan wali kelas untuk melancarkan kegiatan-kegiatan layanan bimbingan kelompok agar dapat membantu meningkatkan interaksi sosial siswa pada kegiatan bimbingan dan konseling. 2) Guru Bimbingan dan Konseling di harapakan lebih intensif dalam memberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playing untuk meningkatkan interaksi sosial siswa pada kegiatan bimbingan dan konseling. 3) Guru Mata Pelajaran diharapkan agar dalam pelaksanaan pembelajaran dapat menggunakan metode pembelajaran yang dapat memungkinkan peningkatan interaksi sosial siswa pada kegiatan bimbingan dan konseling. 4) Bagi Siswa diharapkan lebih aktif dalam mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan interaksi sosial pada kegiatan bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 10 Feb 2020 02:16
Last Modified: 10 Feb 2020 02:16
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1774

Actions (login required)

View Item View Item