Penerapan Teknik Self Management Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas X IPS5 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019)

BASO, Sitty Rahmayanti D. (2019) Penerapan Teknik Self Management Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas X IPS5 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (518kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (82kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan teknik self management melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas X IPS5 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan teknik self management melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas X IPS5 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tipe penelitian pra-eksperimen pra-paska tes satu kelompok (the one group pretest and posttest design). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tertulis. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket tentang aktivitas belajar siswa dan instrumen perlakuan (pedoman penerapan teknik self management melalui layanan bimbingan kelompok). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS 5 SMAN 4 Kupang yang berjumlah 33 orang, sedangkan sampel dalam penelitian adalah 7 orang siswa kelas X IPS 5 SMAN 4 Kupang, yang memiliki aktivitas belajar kurang pada mata pelajaran matematika. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Hasil analisis menunjukkan nilai t hitung sebesar 6,217 sedangkan nilai t tabel pada taraf signifikansi 1 % sebesar 4,032 . Dengan demikian nilai t hitung > nilai t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa teknik self management melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas X IPS5 SMA Negeri 4 Kupang. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti memberikan saran kepada: 1) Kepala sekolah diharapkan untuk meningkatkan kerjasama dengan semua pihak baik guru BK maupun guru mata pelajaran dan wali kelas untuk memperlancar kegiatan - kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self managemet agar dapat membantu siswa meningkatkan aktivitas belajarnya. 2) Guru mata pelajaran matematika diharapkan agar bisa bekerja sama dengan guru BK dalam membimbing dan mengatur diri siswa untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa 3) Guru BK diharapkan agar secara berkesinambungan memberikan bimbingan kepada siswa/siswi dengan menerapkan teknik self management untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. 4) Siswa-siswi agar secara sadar memanfaatkan setiap layanan bimbingan dan konseling dengan teknik self management yang diberikan sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 10 Feb 2020 03:38
Last Modified: 10 Feb 2020 03:38
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1780

Actions (login required)

View Item View Item