Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Materi Pokok Tata Surya Pada Peserta Didik Kelas VII A SMP Angkasa Penfui Kupang Semester Genaptahun Pelajaran 2018/2019

PANGGA, Stefanus (2019) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Materi Pokok Tata Surya Pada Peserta Didik Kelas VII A SMP Angkasa Penfui Kupang Semester Genaptahun Pelajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (556kB)
[img] Text
02.BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
03.BAB II.pdf

Download (514kB)
[img] Text
04.BAB III.pdf

Download (923kB)
[img] Text
05.BAB IV.pdf

Download (721kB)
[img] Text
06.BAB V.pdf

Download (231kB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah Bagaimana hasil Penerapan Model PembelajaranMake A Match Materi Pokok Tata SuryaPada Peserta Didik Kelas VII ASMP Angkasa PenfuiKupang Semester GenapTahun Pelajaran 2018/2019?. Secara terperinci permasalahan dalam penelitian ini: Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran,dengan menerapkan Model Pembelajaran Make A Match materi pokok Tata Suryapada peserta, Bagaimana keterampilan kooperatif peserta didikdalam kegiatan pembelajaran, Bagaimana ketuntasan indikator, Bagaimana ketuntasan hasil belajar peserta didik, dan Bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match materi pokok Tata Suryapada peserta didik kelas VII ASMPAngkasa Penfuikupang semester genaptahun pelajaran 2018/2019?Jenis penelitianinideskriptif. Subyek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas VII ASMPAngkasa PenfuiKupang tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 26peserta didik. Sedangkan Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, Tes Hasil Belajar Kognitif, penilaian hasil belajar (afektif dan psikomotor), Lembar Pengamatan Keterampilan Kooperatif dan Lembar Isian Respon Peserta Didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Tes dan Angket. Teknik analisis hasil penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif meliputi perhitungan skor rata-rata, proporsi dan persentase. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, data penelitian menunjukkan bahwa secara umum penerapan model pembelajaran Make A Matchadalah optimal untuk materi pokok Tata Suryapada peserta didik kelas VII ASMP Angkasa PenfuiKupang yang berjumlah 26peserta didikteknik pemilihan subjek peserta didik adalah purposive sampling. Secara terperinci dapat disimpulkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berada dalam kategoricukupbaik, keterampilan kooperatif peserta didik berada pada kriteria yang ditetapkan, indikator hasil belajar berada pada kategori tuntas, hasil belajar peserta didik berada pada kategori tuntas, dan respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran memberikan respon yang sangatbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan,kemampuan guru, hasil belajar, make a match, tata surya.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Florentina B. Wenggu
Date Deposited: 10 Feb 2020 03:52
Last Modified: 10 Feb 2020 03:52
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1781

Actions (login required)

View Item View Item