TINENTI, Yeheskial Paulus (2024) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Video Animasi Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (575kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (276kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (729kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (151kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VIII di SMP Negeri 2 Kupang. Hal ini terjadi karena strategi dalam menerapkan model pembelajaran yang belum tepat sehingga masih menimbulkan masalah seperti peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran dan tujuan pembelajaran kurang optimal. Solusi yang dapat ditawarkan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yakni menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media video animasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media video animasi materi sistem ekskresi pada manusia untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2023/2024”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan Quasi Experiment. Desain penelitian yang digunakan Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kupang, dengan sampel kelas F sebagai kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas G sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran langsung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai rata-rata pretest yakni 48,43 dan posttest nya meningkat menjadi 79,68. Berdasarkan uji anacova menunjukkan signifikan 0,031 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media video animasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi sistem ekskresi pada manusia di SMP Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar Peserta Didik, Media Video Animasi, Sistem Ekskresi Pada Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Yeheskial Paulus Tinenti |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 07:15 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 07:15 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/17832 |
Actions (login required)
View Item |