Persepsi Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Politik Terhadap Pelayanan PDAM Kota Kupang

GOMES, Fortunato D. J. (2019) Persepsi Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Politik Terhadap Pelayanan PDAM Kota Kupang. Diploma thesis, Unuversitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (95kB)

Abstract

Bagimanakah persepsi masyarakat terhadap pelayanan PDAM Kota Kupang serta bagaimana jejaring ekonomi dalam pengelolaan air minum di Kota Kupang.? Dengan demikian tujuannya adalah Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelayanan PDAM Kota Kupang dan untuk melacak jejaring penjualan air minum di sumber-sumber mata air selain PDAM. Kerangka teori yang digunakan dalam skripsi adalah konsep 5 dimensi kualitas pelayanan menurut Zeintahml, Pasuraman dan Berry yaitu Aspek Tangibels (Berwujud), Aspek Realibility (Kehandalan), Aspek Resposiveness (Ketanggapan), Aspek Assurance (Jaminan), Aspek Emphaty (Empati) Untuk memperolah gambaran Persepsi Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Politik Terhadap Pelayanan PDAM Kota Kupang, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data primer diperoleh secara langsung dari informan, sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui buku-buku, dan dokumen resmi dari kantor PDAM Kota Kupang . Informan dalam penelitian ini adalah petugas PDAM, Pelanggan PDAM, sopir kendaraan tanki air dan pemilik kendaraan tanki air. Hasil peneilitian menunjukkan bahwa sejauh ini Persepsi Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Politik Terhadap Pelayanan PDAM Kota Kupang yang ditinjau dari 5 aspek sepenuhnya belum berjalan baik. Hal ini terlihat dari (1) perusahaan daerah air minum (PDAM) Kota Kupang berusaha memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelangannya, sehingga berusaha menyelesaikan pengaduan yang dilaporkan pelangan.(2)Sarana dan prasarana yang tersedia sudah cukup memadai namun masih ada beberapa yang kurang memadai. Contohnya kurang luasnya tempat parkir untuk tamu dan pelangan yang hendak melakukan pembayaran dan melaporkan keluhan.(3)Meskipun pelayanan yang diberikan oleh pihak PDAM Kota Kupang yang dirasakan pelangan saat ini sudah baik namun masih ada petugas yang kurang sepenuh hati melayani pelangan.(4) Kemampuan berkomunikasi petugas PDAM dalam melayani pelangan sudah baik seperti bersikap ramah terhadap pelangan yang menyampaikan keluhan tentang air bersih sudah maksimal.(5)pemilik mobil tangki dan sopir tangki memperoleh keuntungan yang cukup banyak dari hasil penjualan air tangki dari sumur bor. Kesimpulannya, Persepsi Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Politik Terhadap Pelayanan PDAM Kota Kupang sepenuhnya belum berjalan optimal yang telah dikaji melalui 5 aspek. Maka berdasarkan kesimpulan yang ada, penulis menyarankan beberapa hal berikut yakni (1) Sebaiknya pihak PDAM Kota Kupang memperhatikan sarana dan prasarana. yang masih kurang memadai seperti tempat parkir yang harus diluaskan sedikit agar pelangan merasa nyaman untuk memarkirkan kendaraannya.(2) Sebaiknya diupayakan para petugas bisa melayani pelangan dengan maksimal dan mengerti apa yang dibutuhkan.(3)Sebaiknya para petugas berusaha melayani pelangan dengan cepat dan tepat. Kata Kunci: Persepsi Masyarakat, Perspektif Ekonomi Politik, Pelayanan PDAM Kota Kupang

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Masyarakat, Perspektif Ekonomi Politik,Pelayanan PDAM Kota Kupang
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 10 Feb 2020 04:04
Last Modified: 10 Feb 2020 04:04
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1784

Actions (login required)

View Item View Item