BELILE, Melkor Pati (2019) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia Di SMPN 5 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas katolik Widya mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (387kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (166kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (152kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (401kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (373kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (155kB) |
Abstract
Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh individu setelah proses belajar berlangsung, yang dapat memberikan perubahan tingkah laku baik pengetahuan, pemahaman, sikap dan keterampilan peserta didik sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Salah satu indikator tercapai atau tidaknya suatu proses pembelajaran adalah dengan melihat hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, masalah yang ditemukan adalah hasil belajar peserta didik rendah.Hal ini dikarenakan proses pembelajaran masih didominasi dengan penyampaian informasi, bukan ditekankan pada pemrosesan informasidankegiatan pembelajaran tersebutmasih berpusat pada kegiatan mendengarkan dan menghafal, bukan interpretasi dan memaknaiapa yang dipelajari. Guru masih mendominasi prosespembelajaransehingga kurang memberikan peluang bagi peserta didikuntuk berkreasi, berkembang, dan menunjukkan kemampuan yang beragam. Solusinya adalah dengan merapkan model pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik adalah model Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery Learningterhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi sistem ekskresi pada manusia di SMPN 5 Kupang tahun ajaran 2018/2019.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif denganmetode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pra-test pasca-testdengan kelompok pengendali tidak diacak.Data dikumpulkan melalui observasi dan tes.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar peserta didik setelah diberi perlakuan dengan menerapkan model Discovery Learning yaitu78,93. Sedangkan model pembelajaran konvensional yaitu 70,93. Berdasarkan hasil uji anacova menunjukan bahwa nilai signifikan 0,000 ≤ 0,05. Hal tersebut mununjukkan bahwa hipotesis Hoditolak yaitu tidak ada pengaruh penerapan model Discovery Learningterhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 dan hipotesis penelitian Haditerima, artinya ada pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model Discovery Learningterhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi sistem ekskresi pada manusia di SMPN 5 Kupang tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Discovery Learning, sistem ekskresi pada manusia, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Tefa Frisca Yolanda |
Date Deposited: | 11 Feb 2020 02:56 |
Last Modified: | 11 Feb 2020 02:56 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1805 |
Actions (login required)
View Item |