Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya di SMPN 1 Nagawutung Lembata Tahun Ajaran 2023/2024

TUKAN, Maria Agustina Masi (2024) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya di SMPN 1 Nagawutung Lembata Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (758kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)

Abstract

Belajar adalah suatu perubahan perilaku yang relatif permanen dan dihasilkan dari pengalaman masa lalu ataupun dari pembelajaran yang bertujuan atau direncanakan. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan, masalah yang ditemukan adalah hasil belajar peserta didik masih rendah dikarenakan model pembelajaran yang digunakan oleh guru belum optimal dan kurang memanfaatkan media pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan ini yaitu model Discovery Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning berbantuan audio visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya di SMPN 1 Nagawutung Lembata Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian yang digunakan adalah Non-Equivalen Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII, dengan sampel kelas VII A sebagai kelas eksperimen menggunakan model Discovery Learning berbantuan audio visual dan kelas VII B sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menerapkan model Discovery Learning berbantuan audio visual rata-rata nilai pretest 39,21, postest 81,25, dan N-Gain 0,68 termasuk kategori tinggi. Sedangkan untuk kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung rata-rata nilai pretest 39,06, postest 60,31, dan N-Gain 0,34 termasuk kategori rendah. Berdasarkan hasil uji anacova menunjukkan signifikan 0,001 < 0,05 sehingga hipotesis H_0 ditolak dan hipotesis H_1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning berbantuan audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya di SMPN 1 Nagawutung Lembata Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Audio Visual, Hasil Belajar Peserta Didik, Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Maria Agustina Masi Tukan
Date Deposited: 24 Nov 2024 12:59
Last Modified: 24 Nov 2024 12:59
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/18122

Actions (login required)

View Item View Item