Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Model Pembelajaran Koperatif Tipe Stad (Studdent Team Achievement Division) Materi Pokok Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi Siswa Kelas XB SMA Seminari St. Pius XII Kisol Tahun Ajaran 2013/2014

Nurwati, Klaudiana (2013) Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Model Pembelajaran Koperatif Tipe Stad (Studdent Team Achievement Division) Materi Pokok Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi Siswa Kelas XB SMA Seminari St. Pius XII Kisol Tahun Ajaran 2013/2014. Diploma thesis, Widya Mandira Catholic Univercity.

[img] Text (Karya Ilmiah Mahasiswa)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran Kooperatif (Cooperative learning) merupakan suatu model pembelajaran kelompok yang memiliki aturan – aturan tertentu. Prinsip dasar kooperatif adalah siswa membentuk kelompok kecil dan saling mengajar sesamanya untuk mencapai tujuan bersama. Ide dasar Student Team Achievement Division (STAD) adalah bagaimana memotivasi siswa dalam menguasai materi yang disajikan serta menumbuhkan suatu kesadaran bahwa belajar itu penting, bermakna dan menyenangkan. Dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD ini siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok dengan anggota 4-5 orang siswa dan setiap kelompok harus heterogen dengan tingkat kemampuan yang homogen. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran kooperatif tipa STAD terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok tata nama senyawa dan persamaan reaksi siswa kelas XB SMA Seminari Pius XII Kisol? (2) Apakah terdapat hubungan antara motivasi dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pokok tata nama senyawa dan persamaan reaksi (3) Apakah terdapat pengaruh motivasi siswa terhadap hasil belajar kimia dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok tata nama senyawa dan persamaan reaksi?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui efektifitas pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pokok tata nama senyawa dan persamaan reaksi siswa kelas XB SMA Seminari Pius XII Kisol. (2) Mengetahui apakah terdapat hubungan antara motivasi dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok tata nama senyawa dan persamaan reaksi siswa. (3) Mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok tata nama senyawa dan persamaan reaksi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Seminari Pius XII Kisol dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas XB SMA Seminari Pius XII Kisol tahun ajaran 2013/2014. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik. Dari analisis data diperoleh: (1) a. Kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pelaksanaan pembelajaran dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD dikatakan baik dengan skor rata-rata yang diperoleh sebesar 3,77, dan persentasi reliabilitasnya sebesar 99,01%. b. Ketuntasan indikator kognitif dikatakan tuntas dengan proporsi indikator sebesar 0,82, dan proporsi ketuntasan hasil belajarnya sebesar 0,85. c. Ketuntasan indikator hasil belajar afektif dikatakan tuntas dengan proporsi indikator sebesar 0,86, dan proporsi ketuntasan hasil belajarnya sebesar 0,86. d. Ketuntasan indikator hasil belajar psikomotor dikatakan tuntas dengan proporsi indikator sebesar 1,00, dan proporsi ketuntasan hasil belajarnya sebesar 1,00. Hasil belajar keseluruhan dikatakan tuntas dengan proporsi yang diperoleh sebesar 0,89 . e. Motivasi siswa terhadap kegiatan pembelajaran umumnya baik dengan rata- rata yang diperoleh sebesar 80,96% yang berada pada rentangan 61%-80% yaitu pada kategori kuat. (2) Berdasarkan perhitungan diperoleh Rxy = 0,62, besar sumbangan variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 38,44% dan Ttabel = 1,711, karena Thitung ≥ Ttabel yaitu 4,924 ≥ 1,711, maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat hubungan motivasi siswa terhadap hasil belajar kimia dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD, ini artinya motivasi siswa mempunyai peranan penting dalam menentukan hasil belajar siswa. (3) Terdapat pengaruh motivasi siswa terhadap hasil belajar kimia dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD dimana Fhitung ≥ Ftabel, yaitu 15,46 ≥ 4,28 pada dk = 1 dan dk = 24 pada taraf signifikan 5%, maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: ?? kimia ??
Depositing User: Andreas Berek
Date Deposited: 06 Sep 2017 02:03
Last Modified: 06 Sep 2017 02:03
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1821

Actions (login required)

View Item View Item