Analisis Kebutuhan Zona Selamat Sekolah Pada Tingkat Keselamatan Lalu Lintas Di Kota Kupang (Studi Kasus : SMA Negeri 3 Kupang)

MEDOR, Flavianus Surya (2019) Analisis Kebutuhan Zona Selamat Sekolah Pada Tingkat Keselamatan Lalu Lintas Di Kota Kupang (Studi Kasus : SMA Negeri 3 Kupang). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (542kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (622kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (997kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (254kB)

Abstract

Pertumbuhan pembangunan serta peningkatan Daerah tarikan perjalanan saat ini berjalan sangat pesat, Hal tersebut berpengaruh terhadap meningkatnya arus pergerakan manusia dan barang yang mempunyai dampak negatif yaitu meningkatnya kecelakaan lalu lintas. Data menjelaskan angka korban kecelakaan lalu lintas pada tahun 2017 berkisar pada 63 korban kecelakaan dari 355 kejadian, dan pada tahun 2018 peningkatan jumlah korban kecelakaan sebesasr 68 korban kecelakaan dari 419 kejadian dengan presentase peningkatannya sebesar 7,35 %. (Pos Kupang, 2017). Tujuan dari penelitiaan ini mengetahui karakteristik geometrik jalan, volume lalu lintas, dan kecepatan kendaraan, karakteristik penyeberang jalan dan karakteristik pengantar Serta pentingnya kebutuhan ZoSS terhadap tingkat keselamatan lalu lintas pada ruas jalan di SMAN 3 Kupang. Dalam penelitiaan ini pengolahan data yang di dapat dari hasil pengamatan di lapangan untuk pengambilan sampel dan diolah dengan menggunakan teori-teori dan persamaan-persamaan yang terdapat pada tinjauan kepustakaan. Metode pengolahan data hanya dilakukan pada data primer, sedangkan untuk data sekunder hanya menjadi data pelengkap. Hasil penelitiaan menunjukan bahwa Karakteristik geometrik jalan di ruas jalan W. J. Lalamentik Oebufu, Kupang tepatnya di depan SMAN 3 Kupang merupakan jalan perkotaan dengan tipe jalan 4 lajur 2 arah terbagi (4/2D) dengan lebar perkerasan 15,4 meter (2 arah), lebar jalur kiri 7,7 meter sedangkan lebar jalur kanan 10,2 meter dan lebar median 1,4 meter. Kapasitas Jalannya sebesar 6318,97 Smp/jam. Hasil pengolahan data di dapat volume lalu lintas pada Jalan W. J. Lalamentik Oebufu, Kota Kupang tepatnya di depan SMAN 3 Kupang belum melebihi kapasitas, hal ini menunjukan bahwa volume lalu lintas di jalan tersebut masih stabil. Kendaraan yang dominan melewati jalan W. J. Lalamentik Oebufu, Kupang dengan rincian jenis kendaraan : sepeda motor 633,43 smp/jam; kendaraan ringan 925,33 smp/jam; kendaraan berat 11,65 smp/jam; dan kendaraan tak bermotor 5,57 smp/jam. Jumlah volume rata-rata kendaraan tertinggi secara total adalah jenis kendaraan ringan yaitu 925,33 smp/jam; sedangkan untuk volume rata-rata kendaraan terendah adalah jenis kendaraan tidak bermotor yaitu 5,57 smp/jam. Berdasarkan pengolahan data kecepatan rata-rata arah 1 pada jalan W. J. Lalamentik Oebufu, Kota Kupang tepatnya di depan SMAN 3 Kupang adalah sepeda motor 32,38 km/jam, mobil/angkutan umum 27,63 km/jam, bus/truk 28,11 km/jam. Sedangkan kecepatan rata-rata arah 2 pada jalan tersebut adalah sepeda motor 34,75 km/jam, mobil/angkutan umum 28,67 km/jam, bus/truk 24,96 km/jam. Hasil analisis dari perilaku pengantar dan perilaku penyeberang jalan tidak ada yang dapat dikategorikan selamat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Zona Selamat Sekolah, Tingkat keselamtan ZOSS, Prilaku penyeberang dan pengantar, volume lalulintas.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 13 Feb 2020 05:13
Last Modified: 13 Feb 2020 05:13
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1849

Actions (login required)

View Item View Item