Analisis Motif Penggunaan Media Sosial Telegram Sebagai Media Hiburan (Studi Kasus pada Mahasiswa Angkatan 2020 Prodi Ilmu Komunikasi UNWIRA)

ZUSANTI, Agnes Shella (2024) Analisis Motif Penggunaan Media Sosial Telegram Sebagai Media Hiburan (Studi Kasus pada Mahasiswa Angkatan 2020 Prodi Ilmu Komunikasi UNWIRA). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (801kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Motif Penggunaan Media Sosial Telegram Sebagai Media Hiburan” (Studi Kasus pada Mahasiswa Angkatan 2020 Prodi Ilmu Komunikasi UNWIRA Kupang). Telegram sebagai salah satu media sosial yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dan menikmati hiburan dengan mudah dan praktis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif penggunaan media sosial telegram sebagai media hiburan oleh mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi angkatan 2020 UNWIRA. Penelitian ini menggunakan konsep komunikasi, media baru (new media), media sosial, telegram, motif, dan teori pengharapan nilai (Expectancy Values Theory), dan indikator kemudahan mengakses, menyediakan ruang atau grup, dan praktis, serta metode studi kasus, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Pengharapan Nilai (Expectancy Values Theory). Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa angkatan 2020 prodi ilmu komunikasi UNWIRA menggunakan Telegram karena beberapa hal berikut yakni kemudahan dalam mengakses hiburan melalui Telegram, Telegram menyediakan ruang atau grup yang memungkinkan penggunanya dapat menikmati hiburan sesuai dengan minat mereka, dan pengguna Telegram dapat menikmati hiburan dengan praktis. Pada bagian interpretasi data, peneliti menjelaskan makna hasil penelitian kemudian mengkajinya dengan tinjauan Pustaka dan data yang diperoleh di lapangan kemudian dikaitkan dengan teori pengaharapan nilai. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa motif penggunaan media sosial Telegram sebagai media hiburan oleh mahasiswa angkatan 2020 prodi ilmu komunikasi UNWIRA yaitu kemudahan mengakses, ketersediaan ruang atau grup, dan praktis dalam menikmati hiburan. Saran yang penulis berikan yaitu diharapkan agar mahasiswa angkatan 2020 prodi ilmu komunikasi UNWIRA dapat dengan bijak memanfaatkan Telegram sebagai media hiburan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Telegram, Motif, Teori Pengharapan Nilai.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan UNWIRA
Date Deposited: 05 Jan 2025 23:22
Last Modified: 05 Jan 2025 23:22
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/18573

Actions (login required)

View Item View Item