Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievemen Division Terhadap Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Pemanasan Global Dan Dampaknya Bagi Ekosistem Di SMP Swasta Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

BADIN, Maria Magdalena Golan (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievemen Division Terhadap Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Pemanasan Global Dan Dampaknya Bagi Ekosistem Di SMP Swasta Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (605kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (206kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi ditemukan beberapa masalah yaitu Siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru dan hanya sesekali mencatat materi. Hal ini menyebabkan siswa belum secara maksimal mengembangkan kemampuan dalam berpikir, bersikap dan berketerampilan. Siswa kelas VII masih pasif, kurang v memperhatikan guru dan kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division terhadap prestasi belajar siswaSMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B dimana siswa kelas VII diberi model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan rerata ketuntasan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada saat posttest lebih besar dari pada saat pretest yaitu 81,46>43,96(tuntas). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division terhadap prestasi belajar siswa biologi materi pokok pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem di SMP Angkasa Penfui Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model pembelajaran kooperatif, Student Teams Achievement Division, Prestasi belajar siswa, Pemanasan Global
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Osa Yumida
Date Deposited: 17 Feb 2020 00:36
Last Modified: 17 Feb 2020 00:36
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1864

Actions (login required)

View Item View Item