Pengaruh Scaffolding Dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pokok Cahaya Dan Alat Optik Kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Kupang Semester Genap Tahun Ajaran 2108/2019

HAYATI, Maria Helendang (2019) Pengaruh Scaffolding Dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pokok Cahaya Dan Alat Optik Kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Kupang Semester Genap Tahun Ajaran 2108/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
COVER.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (37kB)

Abstract

Pemahaman konsep merupakan bagian terpenting dalam proses pembelajaran serta dalam memecahkan masalah, baik didalam proses belajar itu sendiri maupun didalam lingkungan keseharian. Dalam pembelajaran fisika, salah satu aspek penting harus dikuasai oleh peserta didik peserta didik adalah memahami konep karena pelajaran fisika lebih menuntut pemahaman bahkan aplikasi dari konsep tersebut. Selain dituntut memahami konsep, peserta didik juga harus memiliki keterampilan proses sains. Keterampilan proses sains sangat penting dalam kegiatan pembelajaran dan mutlak harus dimiliki oleh peserta didik dalam mempelajari sains atau IPA. Keterampilan Proses Sains (KPS) dan pemahaman konsep peserta didik perlu dikembangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan pemahaman konsep peserta didik adalah dengan scaffolding. Scaffolding merupakan bantuan yang diberikan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan secara bertahap sampai peserta didik mandiri dalam menyelesaikan tugas. Scaffolding yang dipadu dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains peserta didik dalam mempelajari materi cahaya dan alat optik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan scaffolding dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok cahaya dan alat optic kelas VIII SMP N 11 Kota Kupang semester genap tahun ajaran 2018/2019?; 2) Bagaimana pemahaman konsep siswa dengan menggunakan scaffolding dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok pokok cahaya dan alat optic kelas VIII SMP N 11 Kota Kupang semester genap tahun ajaran 2018/2019 ?; 3) Bagaimana keterampilan proses sains dengan mengunakan scaffolding dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok cahaya dan alat optic kelas VIII SMP N 11 Kota Kupang semester genap tahun ajaran 2018/2019 ?; 4) Adakah pengaruh yang signifikan scaffolding dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep sains siswa pada materi pokok cahaya dan alat optik kelas VIII SMP N 11 Kota Kupang semester genap tahun ajaran 2018/2019?; 5) Adakah pengaruh yang signifikan scaffolding dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sainssiswa pada materi pokok cahaya dan alat optik kelas VIII SMP N 11 Kota Kupang semester genap tahun ajaran 2018/2019?. Metode penelitian yang dipakai pada penelitian ini yaitu pre-experimen design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Kupang. Sampel adalah peserta didik kelas VIIIH SMP Negeri 11 Kota Kupang, diambil dengan metode random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan scaffolding dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing dikategorikan sangat baik; 2) peningkatan pemahaman konsep peserta didik dikategorikan sedang dengan nilai rata-rata 0,6 dan terdapat pengaruh yang signifikan scaffolding dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep peserta didik;3) peningkatan keterampilan proses sains peserta didik dikategorikan tinggi dan terdapat pengaruh yang signifikan scaffolding dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Keterampilan Proses Sains, Scaffolding, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Cahaya Dan Alat Optik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Osa Yumida
Date Deposited: 18 Feb 2020 01:39
Last Modified: 18 Feb 2020 01:39
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1899

Actions (login required)

View Item View Item