PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI SOSIAL TERHADAP TANGGUNG JAWAB SOSIAL SISWA (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas X-F SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2014/2015)

GOME RAGA, Marselina (2015) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI SOSIAL TERHADAP TANGGUNG JAWAB SOSIAL SISWA (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas X-F SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2014/2015). Diploma thesis, Widya Mandira Catholic University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (623kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pemberian layanan informasi sosial terhadap tanggung jawab sosial siswa kelas X-F SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberian layanan informasi sosial terhadap tanggung jawab sosial siswa kelas X-F SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data adalah wawancara tertulis. Alat Pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan Regresi Linear kemudian dikonsultasikan atau dibandingkan dengan “F” tabel regresi linear dengan taraf signifikan 99% pada derajat kebebasan (db/df) = N2. Variabel dalam penelitian ini adalah : layanan informasi sosial sebagai variabel bebas (X) dan tanggung jawab sosial siswa sebagai variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-F SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 31 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 orang sehingga semuanya di ambil sebagai sampel penelitian. Dengan demikian sampel penelitian ini adalah sampel populasi. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan nilai Fhitung sebesar 854.003, dengan taraf signifikansi= 0,01. dan derajat kebebasan (db/df) = N-2 (31-2) = 29 yang nilainya adalah 4,18. Hasil konsultasi menunjukkan Fhitung lebih besar dari Ftabel atau 854.003 > 4,18. Hal ini berarti hipotesis nol (Ho) yang menyatakan Tidak Ada Pengaruh Pemberian Layanan Informasi Sosial terhadap Tanggung Jawab Sosial Siswa ditolak dan hipotesis kerja (Ha) yang menyatakan Ada Pengaruh Pemberian Layanan Informasi Sosial terhadap Tanggung Jawab Sosial Siswa diterima. Dari hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian layanan informasi sosial terhadap tanggung jawab sosial siswa kelas X-F SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2014/2015. Berdasarkan simpulan, peneliti memberikan saran kepada: a) Kepala Sekolah untuk lebih memberikan perhatian, pengawasan, berkenaan dengan pemberian layanan informasi sosial untuk meningkatkan tanggung jawab sosial siswa. b) Guru: Hasil penelitian ini dapat diharapkan para guru agar melakukan kerja sama dengan Guru BK untuk meningkatkan tanggung jawab sosial siswa melalui pemberian layanan informasi sosial. c) Guru BK: Hasil penelitian ini diharapkan Guru BK untuk lebih intensif dalam pemberian layanan informasi sosial agar siswa dapat mengembangkan tanggung jawab sosial. d) Siswa: Diharapkan siswa untuk mengikuti kegiatan layanan informasi sosial demi meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan tanggung jawab sosial yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology
Depositing User: Unnamed user with username administrasi1
Date Deposited: 31 Jul 2019 02:57
Last Modified: 31 Jul 2019 02:57
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/194

Actions (login required)

View Item View Item