PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID SISWA KELASXI MIA 4 SMA NEGERI 2 KUPANG TAHUN AJARAN 2015/2015

Jemimu, Natalia (2015) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID SISWA KELASXI MIA 4 SMA NEGERI 2 KUPANG TAHUN AJARAN 2015/2015. Diploma thesis, Widya Mandira Catholic University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (809kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (811kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Lingkungan keluarga adalah pusat pendidikan yang pertama dan terpenting, dari munculnya peadaban kemanusiaan sampai sekarang, kehidupan keluarga sangat mempengaruhi tumbunya budi pekerti dalam diri manusia. Kepercayaan diri adalah suatu keyakinan dan keberanian seseorang yang mampu berprilaku sesuai harapan dan keinginannya serta menyadari bahwa belajar dari pengalaman sangat penting daripada keberhasilan atau kegagalan. Masalah utama adalah Bagaimana efektifitas pembelajaran kimia dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi pokok Sistem Koloid siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2014/2015? Secara terperinci dapat diuraikan sebagai berikut: a. Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi pokok sistem koloid siswa kelas X1 MIA 4 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2014/2015? b. Bagaimana ketuntasan indikator dalam pembelajaran dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi pokok sistem koloid siswa kelas X1 MIA 4 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2014/2015? c. Bagaimana ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi pokok sistem koloid siswa kelas X1 MIA 4 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2014/2015? (2) Bagaimana Lingkungan keluarga siswa?, (3) Kepercayaan diri siswa?, (4) a. Adakah hubungan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar hasil belajar siswa dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi pokok sistem koloid siswa kelas X1 MIA 4 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2014/2015?, b. Adakah hubungan kepercayaan diri terhadap hasil belajar hasil belajar siswa dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi pokok sistem koloid siswa kelas X1 MIA 4 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2014/2015?, c. Adakah hubungan lingkungan keluarga dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar hasil belajar siswa dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi pokok sistem koloid siswa kelas X1 MIA 4 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2014/2015?, (5) a. Adakah pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi pokok sistem koloid siswa kelas X1 MIA 4 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2014/2015?, b. Adakah pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar siswa dengan menerakan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi pokok sistem koloid siswa kelas X1 MIA 4 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2014/2015?, c. Adakah pengaruh lingkungan keluarga dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi pokok sistem koloid siswa kelas X1 MIA 4 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2014/2015? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan efektifitas pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi pokok Sistem Koloid siswa kelas X1 MIA 4 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2014/2015. Secara terperinci dapat dituliskan sebagai berikut : a. Untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi pokok sistem koloid siswa kelas X1 MIA 4 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2014/2015. b. Untuk mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil dalam pembelajaran dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi pokok sistem koloid siswa kelas X1 MIA 4 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2014/2015. c. Untuk mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi pokok sistem koloid siswa kelas X1 MIA 4 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif asosiatif. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa: (1) a. Kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembeajaran termasuk kategori baik dengan skor 3,79. b. Indikator instrumen hasil observasi sikap spiritual (KI-1) sebesar 0,97, dan instrumen angket sikap spiritual 0,96. Indikator instrumen hasil observasi sikap sosial (KI-2) sebesar 0,94, dan instrumen angket sebesar 0,92. Sedangkan instrumen indikator hasil belajar (KI-3) yang meliputi ketuntasan indikator soal kuis sebesar 0,92, indikator tugas rumah 0,89, dan indikator soal essay sebesar 0,90. Ketuntasan indikator keterampilan (KI-4) yang meliputi indikator persentase sebesar 0,86, indikator unjuk kerja 0,94, dan portofolio sebesar 0,89, indikator proses sebesar 0,82, indikator hasil karya 0,83. c. Ketuntasan hasil belajar meliputi: ketuntasan hasil belajar KI-1 sebesar 96,27%, ketuntasan hasil belajar KI-2 sebesar 93,03%, Ketuntasan hasil belajar KI-3 sebesar 89,64%, ketuntasan hasil belajar KI-4 sebesar 89,40% dan rata-rata ketuntasan hasil belajar keseluruhan adalah sebesar 91% (2) Lingkungan keluarga siswa berada pada interpretasi sangat baik dengan prensentasi rata-rata 83,01%, (3) kepercayaan diri siswa kelas interpretasi tinggi dengan prentasi rata-rata 79,61% (4) a. ada hubungan antara lingkungan keluarga siswa terhadap hasil belajar dengan nilai korelasi product moment yang diperoleh 0,481 yang termasuk kategori cukup kuat. b. Ada hubungan antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar dengan nilai korelasi product moment yang diperoleh sebesar 0,38 yang termasuk kategori rendah, c. Ada hubungan antara lingkungan keluarga dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar dengan nilai korealsi ganda yang diperoleh sebesar 0,57 tinggi. (5) a. Ada pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar dengan persamaan regresi Ῠ= 56,97 + 0,41 X1 (b) Ada pengaruh antara kepercayaa diri terhadap hasil belajar dengan persamaan regresi Ῠ= 63,93 + 0,340 X2 (c) Ada pengaruh antara lingkungan keluarga dan kepercayaan diri dengan persamaan regresi ganda Ῠ= 37,6935 + 0,37 X1 + 0,28

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: ?? sch_che ??
Depositing User: Unnamed user with username ipm2
Date Deposited: 31 Jul 2019 03:37
Last Modified: 31 Jul 2019 03:37
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item View Item