USKONO, Irmina Veronika and LETON, Samuel Igo and LAKAPU, Meryani and DJONG, Kristoforus Djawa and JAGOM, Yohanes Ovaritus and DOSINAENG, Wilfridus Beda Nuba (2023) Pendalaman Konsep Matematika bagi Para Guru Sekolah Dasar. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3 (4). pp. 552-560. ISSN 2776-5636
|
Text
Pendalaman Konsep Matematika bagi Para Guru Sekolah Dasar.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
Abstract
Penguasaan konsep matematika dan keterampilan dalam menyelesaikan permasalah matematika merupakan kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh guru mata pelajaran matematika. Guru harus mampu memberikan strategi-strategi dalam menghasilkan solusi terkait permasalahan-permasalah yang menjadi persoalan dikalangan peserta didik agar mampu mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik. SD St. Angela Atambua merupakan salah satu penyelenggara pendidikan yang ingin mewujudukan tujuan pendidikan. Namun kenyataannya masih banyak kendala yang dihadai oleh guru SD St. Angela terkiat startegi-startegi yang tepat dalam megatasi permasalah peserta didik terutama dalam penguasaan konsep. Oleh karena itu tim pengabdian bersama guru-guru SD St. Angela Atambua mencoba menyelesaikan permasalah dari peserta didik dengan melakukan pelatihan dan pendampingan agar membangun pola pikir yang baru dalam meyelesaikan setiap permasalahan yang terkait dengan pembelajaran matematika. Tujuan yang diharapkan adalah guru-guru mampu mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik. Metode yang digukana dalam pengabdian ini berupa pelatihan dan pendampingan. Beberapa hal positif yang diperoleh dari pelaksanaan pengabdian ini antara lain; 1) guru-guru sangat antusias dalam mengikuti kegiatan karena mendapatkan informasi-informasi yang baru. 2) tim pengabdian memberikan pendampingan sesuai dengan permasalahan-permasalahan yang dialami oleh mitra. 3). guru-guru mampu mengimplementasikan konsep yang telah didapat sehingga dapat mengembangkan ide dan kreatifitas dengan memanfaatkan media pembelajaran yang ada sebagai bentuk solusi dari permasalahan yang dialami. Dengan adanya pelatihan penanaman konsep matematika ini mampu menjawab tantangan yang dihadapi mitra sehingga peserta didik dapat mengikuti pembelajaran lebih semangat dan antusias serta dapat meningkatkan minat, motivasi belajar terutama pemahaman akan konsep matematika menjadi labih baik lagi.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pemahaman konsep, Konsep matematika, Pemahaman konsep matematika |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Damianus Dami |
| Date Deposited: | 10 Oct 2025 06:18 |
| Last Modified: | 10 Oct 2025 06:18 |
| URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/20062 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
