Penerapan Model Multimedia sebagai Media Pembelajaran Alternatif untuk Meningkatkan Self Motivated Learning dan Self Regulated Learning

MEOLBATAK, Emiliana M. and BRIA, Yulianti Paula (2015) Penerapan Model Multimedia sebagai Media Pembelajaran Alternatif untuk Meningkatkan Self Motivated Learning dan Self Regulated Learning. In: Snatika 2015; Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Aplikasinya, 26 November 2015, Malang.

[img] Text
PENERAPAN MODEL MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN SELF MOTIVATED LEARNING DAN SELF REGULATED LEARNING.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://jurnal.stiki.ac.id/SNATIKA/issue/view/17

Abstract

Teknologi multimedia merupakan Salah satu teknologi yang ditawarkan dalam media pembelajaran alternatif untuk dimanfaatkan dalam dunia pendidikan saat ini. Hardcopy yang digunakan dalam Proses Belajar Mengajar terkadang menyulitkan pelaku pendidikan dalam hal mengakses dan menerima informasi secara cepat dan realtime, sehingga memunculkan ide untuk mengembangkan materi pelajaran dalam bentuk multimedia, yang akan memudahkan pendidik dan peserta didik dalam menjalankan aktivitas dalam PMB. Kejenuhan belajar akan muncul Apabila pendidik selalu menggunakan metode yang konvensional secara terus menerus dan tanpa ada variasi, karena tidak ada warna baru dalam PBM. Implikasi dari metode belajar secara konvensional yang digunakan oleh tenaga pendidik, menunjukkan bahwa 20% atau lebih peserta didik kurang antusias dan berminat mempelajari materi, 35% atau lebih peserta didik kurang mempunyai inisiatif untuk mencari atau memperdalam wawasan melalui referensi lain selain yang diberikan oleh tenaga pendidik. Permasalahan lain adalah, ketersediaan sumber belajar di perpustakaan sangat minim, sehingga materi yang didapat pun kurang up to date. Hal ini semakin memperkuat permasalahan kurang berminat dan rendahnya inisiatif peserta didik dalam proses belajar mengajar. Pada penelitian ini, dikembangkan multimedia dan pemodelan multimedia yang dapat meningkatkan Self Motivated Learning dan Self Regulated Learning dengan menggunakan metode penelitian pengembangan research and development, dan analisi akhir dilakukan pengujian dengan bantuan SPSS. Model digitalisasi media pembelajaran ini mampu membuat peserta didik menjadi tertarik untuk belajar secara aktif dan mandiri.

Item Type: Conference or Workshop Item (Other)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Self Motivated Learning, Self Regulated Learning, research and development
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Ilmu Komputer
Depositing User: Damianus Dami
Date Deposited: 13 Oct 2025 01:14
Last Modified: 13 Oct 2025 01:14
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/20292

Actions (login required)

View Item View Item