LAPENANGGA, Apridus Kefas (2023) Pengajaran Baca Tulis Hitung Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Kelurahan Oenesu Kabupaten Kupang. Jurnal Abadimas Adi Buana, 7 (1). pp. 61-69. ISSN 2622-5719
![]() |
Text
PENGAJARAN BACA TULIS HITUNG PADA ANAK USIA SEKOLAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (892kB) |
Abstract
Pendidikan yang layak merupakan hak semua anak bangsa, sehingga perlu didukung sarana prasarana yang baik serta kesiapan guru yang cakap dalam mengajar, namun pada kenyataannya masih banyak anak-anak usia sekolah dasar yang rendah kemampuan baca, tulis dan hitung. Pelajar di Sekolah Dasar Negeri Nait, Kabupaten Kupang juga memiliki sejumlah anak-anak yang belum bisa baca, tulis dan hitung sekalipun sudah berusia kelas besar. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru di SDN Nait selama ini untuk meningkatkan kemampuan anak dalam membaca, menulis dan berhitung. Metode yang digunakan pada pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah pengajaran intens, pendampingan belajar anak dan lomba untuk mengukur kemampuan anak setelah menerima pengejaran dan pendampingan selama satu bulan. Tahapan pelaksanaan kegiatan pengabdian ini antara lain: persiapan perangkat mengajar (soal-soal latihan, rancangan pelajaran), sosialisasi kegiatan PKM, kegiatan pembelajaran, lomba dan evaluasi. Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukan perubahan yang sangat signifikan bagi kemampuan anak dalam membaca, menulis dan berhitung. Anak-anak yang sebelumnya berkemampuan rendah bisa menunjukan peningkatan kemampuan dan secara keseluruhan anak-anak juga belajar berkompetisi untuk menunjukan prestasi maupun semangat untuk belajar. Dari kegiatan ini, beberapa hal yang perlu diperbaiki: perlu adanya alat evaluasi yang diterapkan pada setiap pertemuan dan waktu belajar mengajar dapat diperpanjang
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengajaran, anak usia sekolah dasar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur |
Depositing User: | Damianus Dami |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 02:46 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 02:46 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/20401 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |