Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Operasi Bilangan Bulat Melalui Media Kerang

BUNGA NAEN, Alfonsius and DOSINAENG, Wilfridus B. N. and DJAWA DJONG, Kristoforus (2022) Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Operasi Bilangan Bulat Melalui Media Kerang. Jurnal Media Edukasi dan Pembelajaran (JMEP), 1 (2). pp. 158-169. ISSN 2963-0061

[img] Text
Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Operasi Bilangan Bulat Melalui Media Kerang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
Official URL: https://jurnal-mep.id/jmep

Abstract

Masalah yang dihadapi di kelas VIA SD GMIT Oelolot yaitu rendahnya keaktifan peserta didik di kelas dan sulitnya memahami operasi-operasi bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi operasi bilangan bulat peserta didik kelas VI SD GMIT Oelolot Tahun Pelajaran 2022/2023 melalui penggunaan media Kerang. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK. Berdasarkan analisis tes hasil belajar terjadi peningkatan nilai rata-rata dari 60 (siklus 1) ke 86,76 (siklus 2) yang sudah melampaui KKM (70). Aktivitas peserta didik terkategori sangat baik yang ditunjukkan oleh peningkatan skor hasil pengamatan dari 66,96 (siklus 1) ke 89,29 (siklus 2). Kemampuan guru mengelola pembelajaran pun terkategori baik yang ditunjukkan oleh peningkatan skor hasil pengamatan dari 3,00 (siklus 1) menjadi 3,73 (siklus 2). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kerang berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik pada materi operasi bilangan bulat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran tindakan kelas, Aktivitas belajar, Hasil belajar, Media kerang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Gerardus U. Zogara
Date Deposited: 05 Jul 2025 10:53
Last Modified: 05 Jul 2025 10:53
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/20417

Actions (login required)

View Item View Item